PENERAPAN UKURAN KlNERJA NON FINANSIAL SEBAGAI INFORMASI PELENGKAP BAGI ANALISIS VARIAN DALAM PROSES EVALUASI KINERJA FUNGSI PRODUKSI PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT. EKA ESGEJE)

ACHMAD INDAH ARIFUDDIN, 049815970 (2003) PENERAPAN UKURAN KlNERJA NON FINANSIAL SEBAGAI INFORMASI PELENGKAP BAGI ANALISIS VARIAN DALAM PROSES EVALUASI KINERJA FUNGSI PRODUKSI PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT. EKA ESGEJE). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk A 07.04 ari p.pdf

Download (299kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fungsi produh:si pen!saha.'ln merupakan bagian yang terpcnting dalam suatu indu5tri manufaktur yang mernerlukan pengendahan optimal dalam rangka mencapai kombinasi bisnis yang terbalk. Sebagai suatu aktlfitas, kinerja fungsi produksi perusahaan perlu dikendaiikan dengan mengadakan pengukuran yang frekuentlf, sehingga dapat diidentiflkasi aklltltas~aktifitas yang kurang sehat Alat UkUf yang digunakan bisa berupa alat ukur kcuangan dan non keuangan di mana ked.uanya akan iebih berarti dan tepat guna hila dipakai bersama_ Obyck pcnditian dalam skripsi ini adalah PT. EKA ESGEJE Surahaya. khususnya pada fungs! produksi. Tujuan dari penelitian in! adalah untuk mcngetahUl bagaimana kinerja fungsi produksi perusahaan scrta bagrumana perusahaan selama m! melakukan pcngukuran kinerja fungsi produksinya. Tulisan mi bcrusuha unI:Jk mcnganalisa pcngukuran kiflerja prociuksi perusanaan, yang menggunakan anali~:>ls varian, dan membandingkan dengan pengukuran kinerja menggunakan mdikator non finansial yang scianj utnya mencoba untuk mcngimplcmentasikan ukuran kinefJa lcrscbut p<lda kondisi rungsi produksi PTEKA ESGEJE yang ada, Pene!itian ini merupakan bcntuk studi kasus Jika dihhat dan karaktenstik pcrmasJiuhan obyck yang ditcliti. Studl kasus bcrarll pcnchti bcrusiJna me-maharin konJi&'! yang scdang berlangsung, mcmp!:;Jnjarinya dengan berdasar pada dislpitO d:;::; ;::<;;~ge!;!h;,:~~. !~e~!d;. f;!~dl kasus berani juga pcnclhi tid<.lk memiliid ~ngaruh untuk merubah kondlSI yang ada di pcrusahaan Data yang dihuluhkan adalah data tcntang blaya produksi standar dan aktual, rxrscdman. input dan output. kerusakan dan lx:ra\\;l;an mc).ni, ",O"r..IP, dan n:work. PI. EKA ESGEJE mcrupakan perusahaan manutaktur yang mempmduksl macam-macam ~rhia$an berbahan petak, emas, dan swa5'L Selama ml, untu},. mengukur kincrj<.l rungsi produksinya, PT. EKA ESGEJE masih mcnggunakan anahsis vanan ::.t.'hUl£t;a tldak clapat ml'l1ga,nalisa aktifita~-aktifita5 produksl ;.ang bcrmlal tambah maupun yang tak bcmilal tambah. Aktit1tas~aktifilas terscbut dapal dliwahsa dl:ngan frt'nggunakan ind;J..atOf non finuflsiai, yang selama ini bcJum dlgunakan olch perusahu.aJt Dari hasil penelitlan dapat ditarik kesimpulan bahwa serara umuJr. kinaJa fungsi prodt;ksi perusahaan maslh dl bawah standar yang ocrar1i masfh adanya kincTJi! komponen produksi yang tldak optimaL Walaupun demlkian, indJkator non Ilnaosla! menuojukkan pcningkatan kmerja rungsl prodUkSi sclama banal kecmpat tahun 2001. [)cngan dcrnlkian., kL'dua ukuran kinerja tcrsebul akan : saling mdengkapi jib dlpakal bcrsuma,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 07-04 Ari p (FULLTEXT TIDAK TERSDIA)
Uncontrolled Keywords: UKURAN KlNERJA; EVALUASI KINERJA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ACHMAD INDAH ARIFUDDIN, 049815970UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus Widodo M., Drs., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 16 Nov 2016 16:42
Last Modified: 05 Dec 2017 23:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45824
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item