PERILAKU KESEHATAN IBU RUMAH TANGGA PENDERITA PRAKANKER SERVIKS(Studi Deskriptif Tentang Tindakan Pengobatan Penderita Prakanker Serviks di Wilayah Bantaran Sungai Jagir, Surabaya)

AJENG KARTINI PUTRI, 071211431103 (2016) PERILAKU KESEHATAN IBU RUMAH TANGGA PENDERITA PRAKANKER SERVIKS(Studi Deskriptif Tentang Tindakan Pengobatan Penderita Prakanker Serviks di Wilayah Bantaran Sungai Jagir, Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (770kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
AJENG KARTINI PUTRI-071211431103.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pra Kanker adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu kondisi yang mungkin menjadi kanker dan salah satu kanker tersebut adalah kanker serviks. Kanker Serviks merupakan penyakit yang rentan dialami oleh perempuan, kanker serviks sendiri merupakan kanker leher rahim dan erat hubungannya dengan Human Papiloma Virus (HPV). Proses terjadinya kanker serviks tidak berjalan begitu cepat namun melalui tahap prakanker. Penderita Prakanker apabila tidak ditangani lebih lanjut akan mengakibatkan sel kanker berkembang menjadi lebih cepat. Kebiasan hidup yang kurang baik mempunyai banyak peran terhadap terjadinya Prakanker serviks. Studi ini memfokuskan pada perilaku kesehatan ibu rumah tangga penderita prakanker serviks yang berada di Wilayah Jagir, Surabaya Paradigma yang digunakan untuk mejawab permasalahan dalam pemelitian ini adalah paradigma perilaku sosial dengan pendekatan kualitatif.teori yang digunakan adalah teori perilaku kesehatan atau derajat kesehatan Henrik L.Blum, dan menggunakan teori perilaku kesehatan Skinner. Informan dalam penelitian ini diperoleh lima informan ibu rumah tangga yang menderita prakanker serviks dan bagaimana tindakan pengobatannya. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive. Sedangkan metode pengumpulan data yaitu dengan melakukan wawancara mendalam (Indept Interview). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya penderita prakanker serviks memiliki semangat untuk melawan rasa sakitnya ditengah kondisi ekonomi yang lemah dengan melakukan tindakan pengobatan medis seperti melakukan pap smear, kolposkopi, ataupun tradisonal seperti meminum obatobatan herbal ataupun ke orang yang dianggap dapat menyembuhkannya (perantara orang pintar).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 79/16 Put p
Uncontrolled Keywords: Prakanker Serviks, Tindakan Pengobatan, Ibu Rumah Tangga
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
AJENG KARTINI PUTRI, 071211431103UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSITI MAS'UDAH, S.SOS.,M.SIUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2016 16:38
Last Modified: 05 Dec 2017 23:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45825
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item