PERANAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (DECISION SUPPORT SYSTEM) DALAM MEMBANTU MANAJEMEN MEMENUHI SERVICE LEVEL TRANSAKSI AUTOMATED TELLER MACHINE (ATM)BANK "X"

DADDY ISHERDIANTO, 049615168 (2000) PERANAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (DECISION SUPPORT SYSTEM) DALAM MEMBANTU MANAJEMEN MEMENUHI SERVICE LEVEL TRANSAKSI AUTOMATED TELLER MACHINE (ATM)BANK "X". Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 01-01 Ish p.pdf

Download (164kB) | Preview
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini mengangkat judul "Peranan Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System) DaJam Membantu Manajemen Memenuhi Service Level Transaksi Automated Teller Machine (ATM) Bank "X'"'. Untuk mengukur dan mengawasi keefektifan, keefisienan, serta kualitas kinerja ATM-nya, Bank "X" mengembangkan suatu alat pengukuran yang disebut dengan service level. Bank "X" menetapkan service level standard satu A TM sebesar 98%. Untuk menangani masalah-masalah yang berkaitan dengan service level A TM-nya, Bank "X" mengembangkan suatu sistem pendukung keputusan yang digunakan untuk membantu tercapainya keefektifan keputusan-keputusan manajemen yang berhubungan dengan service level suatu ATM. Metode penelitian yang digunakan daJam skripsi ini adaIah pendekatan kualitat~ yang bertujuan untuk membuat gambaran, deskrips~ atau lukisan secara sistematis, aktual, dan akurat mengenai fakta-fakta yang ada, sifat-sifat dan karakter, serta hubungan antar fenomena yang sedang diteliti. Kemudian data yang telah dikumPuikan tersebut diinterprestasikan untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. Agar dapat menganalisa masalah penelitian, informasi yang diperoleh selanjutnya dibandingkan dengan teori dari masa1ah tersebut. Karena begitu banyaknya mesin ATM Bank "X" di seluruh Indones~ maka ditetapkan ruang lingkup yang akan dibahas daIam penelitian ini hanya pada mesin ATM Bank"X" yang berada di Surabaya dan transaksi yang dilayani selama periode bulan Februari 2000 - Juni 2000. Dari basil analisis yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa daJam kinerja pelayanannya, ATM Bank "X" masih mengalami gap kinerja, gap harapan, dan gap keluhan pelanggan. Hal ini karena seIama periode bulan Februari 2000 - Juni 2000, rata-rata service level performance yang dicapai oleh seluruh ATM Bank '')('' di Surabaya adalah 93,52%. SeIama periode ini, terdapat 32 ATM atau 74,42% dari jumlah ATM yang ada di Surabaya yang memiliki service level performance di bawah service level standard yang telah ditetapkan. Sistem pendukung keputusan yang dikembangkan oleh Bank '')('' menggunakan data input yang berupa ATM's Personal Detail Percentage dan ATM's Transaction Summary. Data-data yang digunakan oleh sistem pendukung keputusan yang berkaitan dengan service level ATM Bank '')('' ini diolah oleh perangkat keras Tandem dan perangkat lunak Base 24 dan data tersebut di download ke perangkat lunak Microsoft Excell dengan maksud agar pihak manajemen lebih mudah daJam membaca data Sistem pendukung keputusan yang digunakan oleh pihak manajemen Bank "X" merupakan gabungan dari sistem analisis data dan sistem dengan model saran. Sedangkan untuk menghasilkan keputusan-keputusan yang mungkin diambil oleh pihak manajemen, sistem pendukung keputusan ini menggunakan fungsi "what if'.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK A O1/01 Ish P (FILE FULTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: DECISION SUPORT SYSTEM, AUTOMATIC TELLER MACHINE
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
DADDY ISHERDIANTO, 049615168UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorISNALITA, Dra., M.Si., Ak,UNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 16 Nov 2016 17:24
Last Modified: 05 Dec 2017 23:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45842
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item