“KONCIL”kontruksi sosial remaja koncil tentang perilaku seks pranikah di lingkungan kota Magelang

WILDAN NUR MUSTAQIM, 071114002 (2016) “KONCIL”kontruksi sosial remaja koncil tentang perilaku seks pranikah di lingkungan kota Magelang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perilaku seks pranikah sudah menjadi fenomena di kalangan remaja, tak terkecuali di Kota Magelang.Penelitian ini didasari keinginan untuk mengetahui tentang penyebab perilaku seks pranikah di kalangan remaja koncil Kota Magelang dan mendeskripsikan secara mendalam tentang kontruksi sosial perilaku seks pranikah di kalangan remaja koncil di Kota Magelang Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini menggunakan teori Konstruksi Sosial dari Peter L. Berger dan Thomas Luckmann yang menjelaskan tentang proses dialektika eksternalisasi, internalisasi, dan obyektivikasi serta Teori behavioral sociology oleh B.F. Skinner sehingga dapat menganalisa kontruksi sosial remaja koncil tentang perilaku seks pranikah.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, Metode yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif dengan paradigma fenomenologis. Penelitian ini menggunakan teknik purposive yaitu Metode penentuan subjek dan sumber data dilakukan dengan menetapkan kriteria tertentu. Berdasarkan hasil penelitian, remaja koncil menganggap bahwasanya perilaku seks sekarang adalah hal yang biasa dan lumrah. Faktor-faktor penyebab munculnya perilaku seks pra nikah remaja koncil berdasarkan hasil penelitian adalah 1) Kegagalan peran orang tua, dimana kurangnya pendidikan agama yang ditanamkan dan juga pengawasan orang tua terhadap pergaulan dan lingkungan tempat anaknya berada. 2) lingkungan sangat dominan dalam dorongan perilaku seks pranikah yang dilakukan remaja koncil, karena lingkungan yang buruk ditambah lagi perilaku seks pranikah sudah dianggap hal biasa sehingga membuat remaja koncil terdorong juga untuk melakukan perilaku seks pranikah seperti yang banyak dilakukan di lingkungannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 84/16 Mus k
Uncontrolled Keywords: kontruksi sosial, Remaja, perilaku seks pranikah
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
WILDAN NUR MUSTAQIM, 071114002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSUBAGYO ADAM, PROF.,DR.,DRS.,MSUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2016 17:19
Last Modified: 16 Nov 2016 17:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45847
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item