PENERAPAN PRINSIP BAGI HASIL SEBAGAI PENDAPATAN PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT SYARIAH (STUDI KASUS PADA PT. BPRS BHAKTI HAJI MAlANG)

EVI JUNI ASTUTI, 049822361 E (2002) PENERAPAN PRINSIP BAGI HASIL SEBAGAI PENDAPATAN PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT SYARIAH (STUDI KASUS PADA PT. BPRS BHAKTI HAJI MAlANG). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
A 82-02.Ast p.pdf

Download (151kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bank syariah merupakan lembaga perbankan yang sistem operasinya berdasarkan syariah Islam. Upaya mendorong pengembangan bank syariah dilaksanakan dengan memperhatikan bahwa sebagian masyarakat muslim di Indonesia sedang menantikan suatu sistem perbankan syariah yang sehat Terdapat perbedaan antara bank syariah dan bank konvensional. Bank syariah dalam memperoleh pendapatan berdasarkan prinsip bagi hasil sedangkan bank konvensional melalui sistem bunga. . PT. BPRS Bhakti Haji Malang merupakan salah satu bank syariah yang menerapkan prinsip bagi hasil sebagai pendapatan pada kegiatan operasionalnya. Produk PT. BPRS Bhakd Haji Malang adalah tabungan mudharabah, deposito mudharabah, dan pembiayaan murabahah. Pendapatan dipero]eh dari pembiayaan murabalwh yaitu mark-up yang disepakati antara bank dengan nasabah. Pendapatan tersebut kemudian didistribusikan kepada nasabah tabungan mudharabah dan deposito mudharabah. Pendistribusian ini berdasarkan nisbah bagi hasil yang telah disepakati. PT. BPRS Bhakti Haji Malang menganut konsep ketidakpastian dalam memperoleh laba. Sehingga hanya pendapatan yang benar-benar telah diterima yang diakui. Dengan demikian maka pengakuan pendapatannya menggunakan metode dasar tunai (cash bas is) Dalam perkembangannya PT. BPRS Bhakti Haji Malang mempunyai beberapa kendala antara lain pemahaman masyarakat yang belum tepat terhadap kegiatan bank syariah, peraturan perbankan dan perlakuan akuntansi yang berlaku belum sepenuhnya mengakomodasikan operasional bank, sumber daya manusia yang memiliki keahlian mengenai bank syariah masih belum mencukupi. Kendala-kendala tersebut dapat dikurangi dengan penyempurnaan ketentuanketentuan baik perbankan maupun akuntansi, pelatihan-pelatihan terhadap sumber daya manusia, dan sosialisasi perbankan syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
EVI JUNI ASTUTI, 049822361 EUNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 16 Nov 2016 17:58
Last Modified: 16 Nov 2016 17:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45855
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item