ANALISIS KONSEP PENANDINGAN PENDAPATAN-BEBAN UNTUK PENJUALAN BERDASARKAN PESANAN DAN KESESUAIANNYA DENGAN PSAK NO. 44 PADA PERUSAHAAN PENGEMBANG REAL ESTAT "X" DI SURABAYA

ACHMAD SHOCHIB RISSAL, 049815894 (2004) ANALISIS KONSEP PENANDINGAN PENDAPATAN-BEBAN UNTUK PENJUALAN BERDASARKAN PESANAN DAN KESESUAIANNYA DENGAN PSAK NO. 44 PADA PERUSAHAAN PENGEMBANG REAL ESTAT "X" DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
A 82-05 Ris a.pdf

Download (159kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hasil dati konsep penandingan (matching concept) pendapatan..beban, yaitu laba, merupakan salah satu faktor penting dalam mengukur kinerja manajemen dalam mengelola perusabaan. Konsep ini mengatur mengenai mengenai pengukuran dan pengakuan pendapatan dan beban sma proses penandingan pendapatan-beban tersebut. Hal ini terkait dengan bagaimana dan kapan sebarusnya pendapatan dan beban diukur dan diakui. Penerapan konsep penandingan pendapatan-beban pads perusabaan pengembang real estat sebenamya tidak jauh berbeda dengan penerapan di perusabaan dalam sektor usab.a lain. Akan tempi, pada praktiknya seringkali timbul masalah-masalah yang memerlukan perlakuan-perlakuan akuntansi tertentu. Masalah tersebut pada umumnya berkaitan dengan nilai dan waktu yang diakui untuk suatu periode seperti penjualan secara pesanan. Oleh karena itu, PSAK No. 44 tentang akuntansi aktivitas pengembangan real estat dengan jelas mengatur secara khusus mengenai konsep penandingan pendapatan-beban yang berkaitan dengan pennasalahan dalam aktivitas pengembangan real estat Metode yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode kualitatif dimaksudkan untuk memberikan gambaran deskriptif dan menyeluruh mengenai konsep pendapatan dan beben serta proses penandingan pendapatan-beban tersebut. Sedangkan pendekatan studi kasus yaitu dengan menggunakan kasus penerapan konsep penandingan pendapatan-beban atas penjualan secara pesanan yang terjadi pada PT "X" Surabaya. Perusabaan pengembang real estat PT "X'" Surabaya mempunyai dua kegiatan usaha yaitu penjualan kapting tanah dan penjualan bangunan beserta kapling tanahnya. Dalam siklus usaha normal. di mana penjualan dilakukan melalui persediaan siap dijual. pengakuan laba alas penjualan kapling tanah dan bangunan beserta kapling tanahnya diakui dengan menggunakan metode akrual penuh (full accrual method) dan apabila terdapat kriteria yang tidak terpenuhi, maka digunakan metode deposit (deposit method) sampai seluruh kriteria terpenuhi. Sedangkan dalam siklus usaha tidak normal, di mana penjualan dilakukan tidak melalui persediaan siap dijual, PT "X'. mengakuinya sebagai penjualan unit dalam keperoilikan time sharing sehingga diakui dengan menggunakan metode persentase penyelesaian (percentageof-completion method). Secara keseluruhan, pt "X" telah menerapkan konsep penandingan pendapatan-beban seperti yang telah disyaratkan oleh PSAK No. 44 tentang akuntansi aktivitas pengembangan real estat. (Kata kunci: konsep penandingan, metode akrual penuh, metode deposit, metode persentase penyelesaian)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2005-2216 Income and expenditure. Budget
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
ACHMAD SHOCHIB RISSAL, 049815894UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 16 Nov 2016 18:22
Last Modified: 16 Nov 2016 18:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45869
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item