REKOMENDASI PENINGKATAN CAKUPAN PELAYANAN ANTENATAL DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (Studi dilaksanakan di Puskesmas Robatal Kabupaten Sampang)

IRAIDA IRVIANA, 101111067 (2016) REKOMENDASI PENINGKATAN CAKUPAN PELAYANAN ANTENATAL DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (Studi dilaksanakan di Puskesmas Robatal Kabupaten Sampang). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 276-16 Irv r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Cakupan K-4 di Puskesmas Robatal tahun 2013 sebesar 58,35%. Hal ini belum sesuai dengan standar yang ditetapkan Kementrian Kesehatan yaitu sebesar 93%. Sehingga perlu adanya upaya yang dilakukan untuk meningkatkan angka cakupan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mencari upaya yang tepat dalam meningkatkan cakupan pelayanan antenatal utamanya K-4 di Puskesmas Robatal. Penelitian menggunakan deskripstif observasional dengan rancang bangun cross sectional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 43 ibu hamil, seorang bidan koordinator dan seorang kepala puskesmas. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat tiga item yang menjadi prioritas customer requirement yang diharapkan dan dianggap penting yaitu keramahan pemberi pelayanan, pemberian penjelasan mengenai hasil pelayanan, dan pemberian informasi kesehatan secara detail Selain itu, terdapat lima item technical requirement yang berisi kebijakan persyaratan teknis yang dicanangkan oleh pihak Puskesmas Robatal, yaitu: pelaksanaan supervisi yang lebih intensif, pengoptimalan posyandu, puskesmas keliling dan sweeping, pengajuan anggaran dana, penyuluhan kepada ibu hamil, dan peningkatan peran aktif petugas dalam melayani konsumen. Prioritas technical requirement merupakan hasil akhir dari metode quality function deployment. Berdasar relative weight terdapat prioritas utama yang disarankan yaitu pelaksanaan supervisi yang lebih intensif untuk memperkokoh fondasi dalam pelayanan antenatal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 276-16 Irv r
Uncontrolled Keywords: ibu hamil, metode quality function deployment, pelayanan antenatal
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG551-591 Pregnancy
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
IRAIDA IRVIANA, 101111067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSetya Haksama, Dr. ,drg,.M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 16 Nov 2016 19:00
Last Modified: 27 Mar 2018 00:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45888
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item