ENITA DWI WARDANI, 079916048
(2004)
KINERJA ORGANISASI PELAYANAN PUBLIK (Studi Tentang Kinerja Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya Dalam Pelayanan Ijin Mengurus Akta Kelahiran).
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
ABSTRAKSI
Pencatatan kelahiran merupakan pengakuan pertama dati negara bagi anak. Anak yang tidak dicatat kelahirannya, telah kehilangan haknya yang paling mendasar yakni hak untuk diakui sebagai subyek hukum. Surat atau akta kelahil"'dn yang dibuat berdasarkan pencatatan kelahiran ini merupakan semacam karcis untuk menjadi warga negara. Akta kelahuran merupakan hak dasar dati setiap anak yaitu hak atas pengakuan keberadaannya yang sah dari negara. Anak·anak tanpa akta dapat dianggap sebagai individu tanpa status. Seorang anak yang tidak terdaftar berarti tidak memiliki nama. kebangsaan. jenis kelamin atau tanggal lahir yang sah. Tidak Ildanya bukti resmi yang dikeluarkan pemerintah dati sorang anak dapat dianggap ia tidak pemah dilahirkan. Secara nasional dalam hal pendaftaran dan pencatatan kelahiran menurut Badan Pusat Statistik dan UNICEF pada tabun 2000 hanya 30,6% anak-anak berusia dibawah 5 tabun yang mempunyai akta. Sedangkan untuk wilayah Surabaya jumlah anak yang tidak mempunyai akta kelahiran dati tabun ke tabun semakin meningkat. Oleh karena itu maksud dati penelitian ini adalah untuk mengetabui bagaimana kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya dalam pelayanan ijin membuat akta kelahiran dan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam pelayanan ijin membuat akta kelahiran. '
Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanasi dengan metode studi kasus dimana peneliti hendak mengungkap untuk kemudian memberikan penjelasan mengenai faktor·faktor yang mempengaruhi kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam' pelayanan ijin membtutt akta kelahiran. Trianggulasi tebri juga digunakan sebagai teknik pen1eriksaan keabsahan data selain menciptakan rapport. Dalam mengumpulkan c:blta yang dibutuhkan peneliti mengadakan observasi. penyebaran kuesioner dan w~wancara mendalam dengan para infomian terpihh serta dokumentasi. Sedangktn untuk menganalisis data yang diperoleh penulis menggunakan metode itttetaktif dati Huberman.
Dari proses penelitian yang dilakukan dapat disimtmlkan bah~ kinerja Dinas Kepenudukan dan Pencatatan Sipil dalam pelayanan ijin membuat akta kelahiran belum optimal yang dapat dilihat dati kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat yang meliputi penyedian sarana dan prasarana pelayanan yang belurn memadai, responsivitas penanganan terhadap keluhan belurn memberikan solusi yang terbaik, efisiensi pelayanan yaitu kepastian lama pelayanan yang tidak sesuai dengan peraturan daerah No 3 Tahun 2001, dan seringnya terjadi penolakan pelayanan oleh aparat serta acuan yang digunakan untuk memberikan pelayanan barns selalu merujuk pada juklak dan petunjuk atasan. Sedangkan faktor-faktor dominan yang mempengaruhi kinerja Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya dalam pelayanan ijin membuat akta kelahiran adalah kurangnya sumber daya yang meliputi anggaran,peralatan dan sumber daya manusia dan penerapan aturan formal secara kaku.
Actions (login required)
|
View Item |