HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA TENAGA KERJA BAGIAN SORTERS AND PACKERS

RIZQI RIYANI PUTRI FARIKHA, 101211131053 (2016) HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA TENAGA KERJA BAGIAN SORTERS AND PACKERS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 285-16 Far h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. DPG Muliakeramik Group merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai macam keramik lantai. Pada pekerja bagian sorters and packers terdapat lima orang yang memiliki obesitas tingkat ringan menghasilkan produktivitas kerja 136-138 box/8 jam. Adanya status gizi seperti itu dapat mempengaruhi produktivitas kerja perusahaan. Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan hubungan antara status gizi dengan produktivitas tenaga kerja bagian sorters and packers PT. DPG Muliakeramik Group. Penelitian ini merupakan cross sectional study. Sampel penelitian ini yaitu tenaga kerja bagian sorters and packers dengan pengambilan sampel menggunakan total populasi sebanyak 14 orang. Variabel bebas pada penelitian ini adalah status gizi dan karakteristik individu meliputi usia, masa kerja dan tingkat pendidikan, sedangkan variabel terikatnya adalah produktivitas kerja. Hasil penelitian yaitu status gizi pada tenaga kerja bagian sorters and packers mayoritas normal sebesar 50%. Produktivitas kerja yang dihitung berdasarkan jumlah box/8 jam yang dicapai tenaga kerja bagian sorters and packers mayoritas di atas rata-rata sebesar 78,6%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa variabel yang berhubungan dengan produktivitas kerja yaitu status gizi dan usia, sedangkan variabel yang tidak berhubungan dengan produktivitas kerja yaitu masa kerja dan tingkat pendidikan. Kesimpulannya yaitu produktivitas kerja yang baik dipengaruhi oleh status gizi yang normal dan usia produktif. Sarannya adalah agar menerapkan gizi kerja di perusahaannya sehingga diharapkan mampu meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Penyediaan makanan tambahan berupa makanan ringan bagi pekerja untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan produktivitas kerja. Menerima pekerja dengan memperhatikan usia, karena usia produktif pada jenis pekerjaan di bagian sorters and packers ini dapat meningkatkan produktivitas secara maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 285-16 Far h
Uncontrolled Keywords: status gizi, sorters and packers, produktivitas, pabrik keramik
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
RIZQI RIYANI PUTRI FARIKHA, 101211131053UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorY. Denny Ardyanto W, Dr. Ir., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 16 Nov 2016 21:23
Last Modified: 27 Mar 2018 00:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45941
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item