PERLAWANAN MASYARAKAT DESA KALIDAWIR TERHADAP WELL TEST PT. LAPINDO BRANTAS INC. DI SUMUR TA 5, KECAMATAN TANGGULANGIN, KABUPATEN SIDOARJO

Meteor Rosada Amang Sanjaya, 071114067 (2016) PERLAWANAN MASYARAKAT DESA KALIDAWIR TERHADAP WELL TEST PT. LAPINDO BRANTAS INC. DI SUMUR TA 5, KECAMATAN TANGGULANGIN, KABUPATEN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (795kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang gerakan sosial, khusunya perlawanan masyarakat Desa Kalidawir terhadap well test PT. Lapindo Brantas Inc. di sumur TA 5. Tujuan dari penelitian ini adalah, pertama, mengidentifikasi latar belakang perlawanan masyarakat Desa Kalidawir terhadap terhadap Well Test PT Lapindo Brantas Inc. di sumur TA 5. Kedua, untuk mengidentifikasi bentuk serta strategi perlawanan yang dilakukan oleh masyarakat Desa Kalidawir terhadap PT Lapindo Brantas Inc. dan Negara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan Metode penentuan subjek penelitian menggunakan purposive, dimana subjek penelitian dipilih berdasarkan karakteristik yang sudah ditentukan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data kemudian direduksi dan memilah hal-hal pokok yang sesuai dengan fokus penelitian untuk menggambarkan fenomena perlawanan yang tengah berlangsung. Teori yang digunakan adalah teori Ted Gurr tentang deprivasi relative, kemudian dilengkapi dengan contagion theory dan mobilisasi gerakan sosial. Hasil penelitian menggambarkan bahwa aktivitas well test sumur TA 5 yang dilakukan oleh pihak PT. Lapindo Brantas Inc. mendapatkan penolakan yang berujung perlawanan dari masyarakat Desa Kalidawir. Hal tersebut dikarenakan masyarakat Desa Kalidawir mengalami deprivasi relative yang diakibatkan PT. Lapindo Brantas Inc. Serta adanya penularan (contagion) dari gerakan perlawanan yang dilakukan organisasi Korban Lapindo Menggugat (KLM) terhadap PT. Lapindo Brantas Inc. Strategi yang digunakan adalah dengan menggunakan mobilisasi sumber daya yang dibagi menjadi tiga figure, yaitu agency, strategi, dan variasi dalam organisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 88/16 San p
Uncontrolled Keywords: Masyarakat Desa Kalidawir; Well Test.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM701 Social systems
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Meteor Rosada Amang Sanjaya, 071114067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMUSTAIN MUSTAHID, PROF.,DR.,M.SIUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2016 21:35
Last Modified: 16 Nov 2016 21:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45945
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item