EVALUASI EFEKTIFITAS DAN KONSISTENSI PENERAPAN AUDIT MUTU INTERNAL ISO 9000 (STUDI KASUS DI PT TELKOM KANDATEL SURABAYA BARAT)

HENY SUHINDARTI, 049615388 (2001) EVALUASI EFEKTIFITAS DAN KONSISTENSI PENERAPAN AUDIT MUTU INTERNAL ISO 9000 (STUDI KASUS DI PT TELKOM KANDATEL SURABAYA BARAT). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 180 01 Suh e.pdf

Download (128kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Audit mutu internal merupakan kegiatan penting dan menjadi salah satu persyaratan utama dalam menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9000. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektifitas dan konsistensi penerapan audit mutu internal. PeneJiti mengambil judul ini karena peneliti berpendapat bahwa penerapan audit mutu internal yang efektif dan konsisten akan membantu perusahaan dan mengidentifikasi ketidaksesuaian yang timbul selama penerapan sistem mutu. Hasil aDalisis audit mutu internal menjadi masukan bagi kegiatan pengkajian mutu dan menjadi alat bagi 'perusahaan untuk mewujudkan tujuannya yaitu perbaikan dan peningkatan sistem mutu secara berkesinambungan. Audit mutu internal dilaksanakan oleh personel perusahaan sendiri atas bagian perusahaan. Auditor mutu internal harus independen artinya auditor bukan dari bagian yang diaudit dan memiliki kompctensi untuk melaksanakan audit. Konsep audit mutu inetrnal adalah melakukan verifikasi untuk menentukan apakah kegiatan mutu sesuai dengan aturan yang sudah direncanakan seperti prosedur mutu dan instruksi kerja. Perusahaan harus melaksanakan audit minimal I (satu) kali dalam setahun dan membuat perencanaan dan prosedur terdokumentasi sesuai dengan standar ISO 10011. Evaluasi efek1ifitas dan konsistensi penerapan audit mutu internal di PT. Telkom Kandatel Surabaya Barat dilakukan dengan mengumpulkan bukti-bukti obyektif mengenai penerapan audit mutu internal, kemudian mencocokkan an tara prosedur yang ditulis dengan kenyataan di lapangan lalu membandingkan penerapan audit mutu internal di perusahaan dengan landasan teori. Dari hasH ana.lisis ditemukan PT. Telkom Kandatel Surabaya Barat sudah memberikan pendidikan dan pelatihan yang cukup memadai, tetapi belum pernah melakukan evaluasi kinerja auditornya. KomIX>sisi tim auditor belum mewakili seluruh bagian perusahaan karena sebagian besar auditor berasal dari bagian administrasi kabel. Selain itu bagian atau bidang yang memiliki resiko tinggi atas meningkatnya ketidakpuasan konsumen diaudit dengan frekuensi yang sarna dengan bidang atau bagian lain. Secara umum dapat ditarik kesimpulan bahwa PT. Telkom Kandatel Surabaya Barat telah melaksanakan audit mutu internal secara efektif sesuai dengan stan dar dan prosedur yallg telah ditetapkan. Prosedur audit mulu internal diterapkan seeara konsisten dari tahun ke tahun. Saran penulis PT Telkom Kandatel Surabaya Barat harus melakukan evaluasi kinerja seperti yang disyaratkan dalam standar ISO 10011. Sebaiknya PT Telkom Kandatel Surabaya Baratmembentuk tim audit yang mewakili seluruh bagian perusahaan (cross/unctional team). Bagian atau bidang yang memiliki resiko tinggi atas meningkatnya ketidakpuasan konsumen dan yang memiliki kincrja kurang efektif, sebaiknya diaudit paling dahulu dan lebih sering.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 180/01 Suh e
Uncontrolled Keywords: AUTIDITING
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
HENY SUHINDARTI, 049615388UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantPARWOTO WIGNJOHARTOJO,, DR.SE. AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 16 Nov 2016 21:45
Last Modified: 16 Nov 2016 21:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45953
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item