AUDIT MANAJEMEN UNTUK PENILAIAN EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI FUNGSI PENGELOLAAN PERSEDIAAN OBAT PADA RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA

HANIF MOHAMAD TAUFIK, 049515075 (2001) AUDIT MANAJEMEN UNTUK PENILAIAN EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI FUNGSI PENGELOLAAN PERSEDIAAN OBAT PADA RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 19-01 Tau a.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang ditujukan untuk memperoleh gambaran dan pemahaman bagaimana penerapan audit manajemen untuk menilai efektivitas dan efisiensi fungsi pengelolaan persediaan obat pada sebuah rumah sakit, tepatnya pada RS Islam Surabaya sebagai obyek penelitian. Berdasar hasil penilaian yang dilakukan, diberikan juga rekomendasi perbaikan yang diperlukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Pemilihan pendekatan penelitian tersebut karena sesuai dengan konteks penelitian yang dilakukan, yaitu penelitian difokuskan untuk menjawab pertanyaan "bagaimana " yang ada dalam rumusan masalah, peneliti tidak dapat mengontrol peristiwa-peristiwa yang akan diselidiki, dan fokus penelitiannya terletak pada fenomena kontemporer ( masa kini ) di dalam konteks kehidupan nyata. Audit manajemen dituntut untuk dapat menggunakan kacamata manajemen yang diaudit dalam pelaksanaannya yang melalui tahap perencanaan, tahap pengumpulan dan analisis bahan bukti, serta tahap pelaporan dan tindak lanjut. Hasil audit yang dilaksanakan menunjukkan bahwa fungsi pengelolaan persediaan obat telah cukup efektif dilaksanakan dalam hal telah memenuhi beberapa ketentuan persyaratan akreditasi pelayanan farmasi rumah sakit sebagai salah satu kriteria penilaian. Tetapi ditemukan pula beberapa faktor yang mendorong kurang efektif dan efisiennya fungsi pengelolaan persediaan obat berdasar kriteria penilaian lainnya yaitu dalam lemahnya pengendalian intern yang diterapkan dan adanya prosedur / langkah kerja yang tidak efisien. Penelitian ini menegaskan bahwa audit manajemen dapat digunakan sebagai alat bantu pengendalian manajemen yang dapat mendeteksi berbagai masalah yang merugikan, dalam hal ini dengan mengidentifikasi penyebab kurang efektif dan efisiennya fungsi pengelolaan persediaan obat, dan memberikan berbagai rekomendasi perbaikan yang diperlukan untuk segera ditindaklanjuti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A 19-01 Tau a
Uncontrolled Keywords: AUDIT MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
HANIF MOHAMAD TAUFIK, 049515075UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWIDI HIDAYAT, Drs., MSi., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 16 Nov 2016 23:04
Last Modified: 16 Nov 2016 23:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45984
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item