FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN PROGRAM OPEN DEFECATION FREE (ODF) (Studi Kasus di Kelurahan Karanganyar Kota Pasuruan)

VETTI NUR HAPSARI, 101211133058 (2016) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN PROGRAM OPEN DEFECATION FREE (ODF) (Studi Kasus di Kelurahan Karanganyar Kota Pasuruan). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
633. ABSTRAK.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 297-16 Hap f.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kelurahan Karanganyar merupakan salah satu daerah yang mendapat kegiatan pemicuan oleh Puskesmas Kebonsari. Masyarakat Kelurahan Karanganyar berhasil merubah perilaku BAB di sungai sehingga menjadi BAB di jamban. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor yang mempengaruhi peran serta masyarakat dalam pelaksanaan program ODF (Open Defecation Free). Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas terdiri dari umur, tingkat pendidikan, budaya, pengetahuan, perilaku, peran serta (pengadaan jamban, pemanfaatan, pemeliharaan). Populasi penelitian ini adalah seluruh KK di Kelurahan Karanganyar. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 95 KK diambil dari tujuh RW dengan simple random sampling. Program ODF (Open Defecation Free) merupakan proses untuk memberdayakan dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam memotivasi masyarakat untuk BAB di jamban. Mayoritas penduduk Kelurahan Karanganyar yaitu usia >40 tahun (66,3%). Pendidikan sebagian besar menengah (SMP/ SMA) (57,9%). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pendidikan terakhir yang berpengaruh terhadap peran serta masyarakat dalam pelaksanaan program ODF, karena variabel pendidikan terakhir memiliki nilai p-value < 0,05 yaitu sebesar 0,047.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 297-16 Hap f
Uncontrolled Keywords: Program ODF (Open Defecation Free), Faktor yang berpengaruh, Buang Air Besar di Jamban
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA565-600 Environmental health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
VETTI NUR HAPSARI, 101211133058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorOedojo Soedirham, dr., M.PH., M.A., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 17 Nov 2016 16:55
Last Modified: 01 Mar 2018 02:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46044
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item