POTENSI TANAMAN SOSOR BEBEK (Kalllnchoe pinnata (Kalanchoe pinnata [Lamk] Pers)TERHADAP WAKTU KESEMBUHAN LUKA INSISI PADA BURUNG PUYUH (Cotumix cotumixjaponica)

SYIHABUDDIN, 060112927 (2005) POTENSI TANAMAN SOSOR BEBEK (Kalllnchoe pinnata (Kalanchoe pinnata [Lamk] Pers)TERHADAP WAKTU KESEMBUHAN LUKA INSISI PADA BURUNG PUYUH (Cotumix cotumixjaponica). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 38-06 SyI P.pdf

Download (234kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian perasan daun Sosor bebek terhadap waktu penyembuhan luka insisi pada burung puyuh dan membandingkan efektifitasnya dengan Povidone iodine 10% sebagai obat luka. Sejumlah 30 ekor burung puyuh betina yang digunakan sebagai hewan percobaan, dibagi secara acak: dalam lima perlakuan dan enam ulangan tiap hewan coba dibuat luka insisi pada dada sebelah kin dengan panjang 1,5 em dan kedalaman 0,5 mm dengan menggunakan skalpel. Perlakuan A, luka pada hewan coba dibiarkan tanpa pengobatan, perlakuan B luka diobati dengan perasan Sosor bebek 10%, pertakuan C luka diobati dengan perasan Sosor bebek 20%, perlakuan D tuka diobati dengan perasan Sosor. bebek 40% dan perlakuan E luka diobati dengan Povidone iodine 10%. Pengobatan dilakukan dua kali sebari yaitu pagi dan sore. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL), data yang diperoleh dianalisis dengan Varian dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan (Duncan Multiple Range Tes) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa perasan Sosor bebek mulai konsentrasi 20% telah memiliki efektifitas yang tidak berbeda nyata (p>O,05) dengan pemberian Povidone iodine 10% dalam menyembuhkan luka insisi pada burung puyuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF409 Small animal culture
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
SYIHABUDDIN, 060112927UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIwan Willyanto, MSc.PhD., DrhUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 17 Nov 2016 18:32
Last Modified: 07 Jun 2017 21:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46065
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item