FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEAKTIFAN LANSIA DALAM MENGIKUTI POSYANDU LANSIA DI PUSKESMAS KALIJUDAN SURABAYA

DYTA MUSTIKA RETNO, 101211133010 (2016) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEAKTIFAN LANSIA DALAM MENGIKUTI POSYANDU LANSIA DI PUSKESMAS KALIJUDAN SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 300-16 Ret f.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keaktifan lansia dalam mengikuti posyandu lansia di Indonesia rendah. Hal ini dikarenakan masih kurangnya pengetahuan lansia terhadap manfaat posyandu lansia. Kebiasaan lansia dalam mengikuti posyandu lansia akan memberikan dampak pada kesehatannya di masa mendatang. Dengan adanya posyandu lansia ini diharapkan dapat menjadi wadah berkumpulnya para lansia, dimana mereka memperoleh berbagai manfaat yaitu dapat mengetahui status kesehatan, memperoleh berbagai kegiatan untuk mengisi kekosongan waktu bagi para lansia. Keaktifan lansia akan menjadikan dirinya produktif di masa tua. Penelitian ini dilakukan untuk melihat perilaku keaktifan lansia dalam mengikuti posyandu lansia berdasarkan Theory of Planned Behavior. Penelitian ini menggunakan rancang bangun cross sectional dengan pendekatan kuantitatif dengan tujuan menganalisis pengaruh perilaku keaktifan lansia dalam mengikuti posyandu lansia di wilayah kerja Puskesmas Kalijudan Surabaya. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuisioner dengan sampel sebesar 91 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah sikap terhadap perilaku, norma subyektif, kontrol perilaku dan niat. Sedangkan variabel terikat adalah perilaku mengikuti posyandu lansia. Sebagian besar responden memiliki umur 60-69 tahun dengan kategori lansia muda. Variabel yang memiliki pengaruh terhadap perilaku mengikuti posyandu lansia adalah kepercayaan dan niat. Variabel niat (B= 1,390) memberikan kontribusi yang lebih besar dibanding kepercayaan (B= 1,064) terhadap perilaku mengikuti posyandu lansia. Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor kepercayaan dan niat berpengaruh terhadap perilaku lansia dalam mengikuti posyandu lansia. Dengan demikian, disarankan kepada petugas posyandu lansia atau kader untuk memotivasi para lansia dan memberikan edukasi tentang manfaat posyandu lansia sehingga para lansia selalu aktif dalam mengikuti posyandu lansia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 300-16 Ret f
Uncontrolled Keywords: Theory of Planned Behavior, perilaku aktif, posyandu lansia
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ1060-1064 Aged. Gerontology (Social aspects). Retirement
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
DYTA MUSTIKA RETNO, 101211133010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPulung Siswantara, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 17 Nov 2016 17:59
Last Modified: 27 Mar 2018 00:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46073
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item