IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM 2013(Studi Deskriptif Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013 Tingkat SMA dan SMK di Kabupaten Blitar)

Ayu Novia Hariatiningsih, 071211131104 (2016) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM 2013(Studi Deskriptif Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013 Tingkat SMA dan SMK di Kabupaten Blitar). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI_AYU NOVIA H_PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dibuat untuk menjawab permasalahan penelitian yaitu mengenai implementasi kebijakan kurikulum 2013 terkait dengan penerapan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 Tahun 2014 Tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013 Tingkat SMA dan SMK Di Kabupaten Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan tipe penelitian deskriptif dan penentuan informan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan indepth interview dan disertai datadata sekunder seperti catatan peneliti dan dokumen/arsip. Teknik pengolahan dan analisis pada penelitian ini menggunakan teknik pengolahan dan analisis data kualitatif yang dikelompokan dalam tiga proses, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan lapangan dari penelitian ini adalah bahwa implementasi kebijakan kurikulum 2013 berdasarkan penerapan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 Tahun 2014 Tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013 Tingkat SMA dan SMK Di Kabupaten Blitar telah berjalan cukup baik. Hal itu dilihat berdasarkan tiga variabel, yaitu komunikasi, sumberdaya dan disposisi pelaksana. Komunikasi yang terjalain cukup baik, dikatakan cukup baik karena masih terdapat inkonsistensi untuk peraturan penilaian siswa. Sumberdaya yang dimiliki sekolah pilot project telah memadai hanya diperlukan penguasaan teknologi untuk SDM dan penambahan fasilitas belajar. Sikap implementor menunjukkan sikap positif , sehingga untuk disposisi pelaksana bagus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis P 35/16 Har i
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan, Kurikulum 2013
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Ayu Novia Hariatiningsih, 071211131104UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorROESTOTO HARTOJO PUTRO, Drs.,SUUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2016 18:27
Last Modified: 17 Nov 2016 18:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46082
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item