IDN-GLOBAL DAN PENDEWASAAN DIASPORA INDONESIA (2013-2015)

PRAJA FIRDAUS NURYANANDA, 0712145530002 (2016) IDN-GLOBAL DAN PENDEWASAAN DIASPORA INDONESIA (2013-2015). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (983kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
THI.10-16 Nur i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada tahun 2013, dibentuklah lembaga non-pemerintah yang diprakarsai oleh diaspora Indonesia dan menaungi kepentingan diaspora Indonesia, yakni Indonesian Diaspora Network Global (IDN-Global). Penelitian ini mengangkat topik pengaruh IDN-Global terhadap perubahan postur diaspora Indonesia. Dengan menautkan pada globalisasi dan nasionalisme, IDN-Global memiliki pengaruh yang sangat besar dalam mengubah postur diaspora Indonesia. Dalam aspek sosial-politik, IDN-Global mampu memberikan wacana positif akan diaspora Indonesia, meningkatkan demokrasi Indonesia, memberikan sumbangsih sosial kemanusiaan yang besar, dan memperjuangkan status dwi kewarganegaraan. Sedangkan untuk aspek ekonomi, IDN-Global berkontribusi melalui tiga jalur, yakni remitansi, investasi, dan organisasi. Platform digital seperti IDN-Global ternyata memberikan pengaruh pada peningkatan remitansi, investasi, dan peningkatan kualitas organisasi. Dengan adanya IDN-Global, sebuah wacana baru terbentuk, yakni long-distance virtual nationalism. Long-distance virtual nationalism adalah nasionalisme tanpa batas teritorial dengan mengandalkan mediasi dari teknologi dan informasi. Oleh karena itu, dengan adanya IDN-Global beserta besarnya pengaruh dari IDN-Global terhadap pendewasaan diaspora Indonesia, IDN-Global menjadi afirmasi terhadap tesis Manuel Castell akan masyarakat jaringan (network society), Benedict Anderson tentang nasionalisme jarak jauh (long-distance nationalism), serta Jurgen Habermas tentang ruang publik virtual (virtual public sphere).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THI.10/16 Nur i
Uncontrolled Keywords: IDN-Global, globalisasi, nasionalisme, virtual, diaspora Indonesia
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
PRAJA FIRDAUS NURYANANDA, 0712145530002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Muttaqien, S.IP, MA, Ph.DUNSPECIFIED
Thesis advisorI Gede Wahyu Wicaksana, S.IP, M.Si, Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 17 Nov 2016 18:35
Last Modified: 20 Jun 2017 22:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46091
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item