HUBUNGAN ANTARA SAFETY INSPECTION DAN KARAKTERISTIK PEKERJA DENGAN UNSAFE ACTION (Studi Kasus pada Pekerja di Departemen Rolling Mill PT. X Sidoarjo)

INTAN KRISTIANTI, 101211131035 (2016) HUBUNGAN ANTARA SAFETY INSPECTION DAN KARAKTERISTIK PEKERJA DENGAN UNSAFE ACTION (Studi Kasus pada Pekerja di Departemen Rolling Mill PT. X Sidoarjo). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 308-16 Kri h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Terdapat puluhan juta kecelakaan kerja di dunia dengan kerugian mencapai ratusan milyar setiap tahunnya. Salah satu penyebab langsung terjadinya kecelakaan dikarenakan unsafe action. Hal tersebut berawal dari lemahnya kontrol manajemen yaitu safety inspection dan faktor individu salah satunya karakteristik pekerja. Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara safety inspection dan karakteristik pekerja dengan unsafe action yang dilakukan oleh pekerja di departemen RML PT. X Sidoarjo. Penelitian dilaksanakan secara observasi dengan menggunakan rancangan cross sectional dan pendekatan kuantitatif. Kuesioner diberikan kepada 70 responden penelitian yang ditarik dari populasi pekerja menggunakan teknik simple random sampling. Variabel yang diteliti adalah safety inspection, usia, masa kerja, pendidikan, tingkat pengetahuan, dan unsafe action. Data disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan tabulasi silang kemudian dianalisis secara statistik menggunakan korelasi Spearman. Penelitian dilakukan dengan menggunakan α sebesar 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden mempunyai pengetahuan yang baik dan menyatakan bahwa safety inspection di PT. X telah dilaksanakan dengan baik. Selain itu responden memiliki kategori unsafe action rendah. Tidak ada hubungan antara usia, masa kerja, dan pendidikan dengan unsafe action. Namun terdapat hubungan antara pengetahuan dengan unsafe action (p= 0,028; r= -0,262) serta ada hubungan antara safety inspection dengan unsafe action (p= 0,015; r =-0,288). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang cukup antara pengetahuan dan safety inspection dengan unsafe action yang dilakukan oleh pekerja di departemen RML. Semakin baik pengetahuan dan safety inspection maka unsafe action akan semakin berkurang, begitu juga sebaliknya. Sehingga saran yang dapat diberikan adalah perusahaan harus memberikan safety talk dan inspeksi secara rutin untuk meningkatkan pengetahuan dan mengurangi unsafe action yang dilakukan oleh pekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 308/16 Kri h
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
INTAN KRISTIANTI, 101211131035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAbdul Rohim Tualeka, Dr. , Drs., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 17 Nov 2016 18:58
Last Modified: 31 Oct 2017 01:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46107
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item