PENGARUH KOMORBID GANGGUAN JIWA TERHADAP RELAPSE ADIKSI PADA KLIEN NARKOBA (Studi di Pondok Pemulihan Doulos (PPD) Batu)

TIARA SUNDARI, 101211133053 (2016) PENGARUH KOMORBID GANGGUAN JIWA TERHADAP RELAPSE ADIKSI PADA KLIEN NARKOBA (Studi di Pondok Pemulihan Doulos (PPD) Batu). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (38kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 309-16 Sun p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Komorbid gangguan jiwa merupakan salah satu faktor yang paling berisiko menyebabkan relapse adiksi pada seorang mantan pecandu. Hal ini dikarenakan gangguan jiwa yang dialami membuat mantan pecandu ingin dan butuh mengkonsumsi Narkoba kembali. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komorbid gangguan jiwa terhadap relapse adiksi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan observasional analitik. Observasi dilakukan terhadap 30 klien Narkoba yang direhabilitasi di Pondok Pemulihan Doulos, Batu. Variabel dalam penelitian ini adalah komorbid gangguan jiwa dan relapse adiksi. Informasi diperoleh dari lembar kuisioner melalui metode wawancara dan observasi langsung. Subjek ditarik dari populasi dengan cara total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden berjenis kelamin laki-laki, berumur >34 tahun, pendidikan terakhir Sekolah Menengah Atas, menyalahgunakan Narkoba jenis halusinogen, lama penyalagunaan >6 tahun, mengalami gangguan jiwa dengan jenis terbanyak adalah psikosis fungsional. Hasil analisis kuat hubungan menunjukkan jenis dan lama penyalahgunaan Narkoba berhubungan kuat dengan relapse adiksi dengan besaran korelasi masing-masing 0,479 dan 0,480. Komorbid gangguan jiwa memiliki nilai probabilitas 69% untuk terjadinya relapse adiksi. Kesimpulan yang dapat ditarik dalam penelitian ini adalah komorbid gangguan jiwa berpengaruh sebesar 26,7% terhadap relapse adiksi. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah skrinning terhadap klien Narkoba pada saat proses assessment sehingga dapat memperoleh tindakan dalam rehabilitasi yang sesuai dan mampu meminimalisir terjadinya relapse adiksi pada klien narkoba yang telah direhabilitasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 309-16 Sun p
Uncontrolled Keywords: Komorbid, Gangguan Jiwa, Relapse, Adiksi, Narkoba.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV5800-5840 Drug habits. Drug abuse
R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
TIARA SUNDARI, 101211133053UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLucia Yovita Hendrati, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 17 Nov 2016 19:04
Last Modified: 18 Mar 2018 21:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46111
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item