IDENTIFIKASI DAN PELAPORAN BIAYA KUALITAS SERTA MANFAATNYA DALAM PENGENDALIAN BIAYA PADA CV. MAGGAR SARI DI JEPARA

Dwi Widyastuti (2002) IDENTIFIKASI DAN PELAPORAN BIAYA KUALITAS SERTA MANFAATNYA DALAM PENGENDALIAN BIAYA PADA CV. MAGGAR SARI DI JEPARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk A 17.03 Wid i.pdf

Download (877kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam sHuns! ckmlOmi yang semakin udak mcl1entu pada saat ini, mala perusahaan dltuntut untuk bckerja secfisien mungldn tetapi tetap mcnghasilkan produk yang berkualitas untuk menjaga supaya dapai: tetap bersaing dipa~amn baik pasar dalam negeri maupun luar ncgerc Berkaitan dcngan SiilJasl tersebut konsumen juga mcnjadi semakin kritis dan Sel~ktifda\am mltml1in barang dan jasa yang dikonsumsinya, konsUlncn bcrusaha mendapatkan barang yang bcrkualitas dan ekonomi'i.._ Penelitlan yang dilakukan tcrhadap CV Maggar Sari -Jepara yang bergerak di Industri perkayuan sebenarn}'a 5l1dah melakukan pcngenda\tan kualitas tetapl hanya secara umum dalam arti hiaya-biay3 yang berhubungan dengan kuahtas ma''\lh mcmbaur Judi satu dengan biaya-blaya yang lain sena ditemukan pemborosan penggunaan sumber daya pt;n.1.-.;;ahaan terutama bahan baku dan sering pula ditemukan produk rusak dalam proses produksJ yang memerlukan pengerJaan ulang sehingga tidak dapat diketahm :,ecara tepat total biaya kualitas yang dikduatkan. Oleh karena itu dipcrlukan suutu idcntiiikasi It;rhadap eleme-n-tdemen blaya kualitas agar dapat digunakan oleh pihak m3MJemen dalam pengambJian keputusan tcrhadap penf;,'endalian biaya kuaHtas. Dari hasH idcntitlkasi setJaP elemen biaya kualJtas dapat diketanUl clemen...elemcn mana yang akan masuk kategori biayll pcncegahan (flrewnlwn ('0,1s), bmya penilaian (Appraisal ('os/s) dan biaya kegagalan internal (Internal Fmiure Cos!.';) maupun external U-~wernal Fatlure ('OMS). Hasil anahSlS tcrhadap laporan biaya kuaHtas menunjukkan bahwa ditemukan adanya pcningkatan biaya kualitas dati akti"lta~ kq:agalan tcrutama pada awal tahun pendlhan yaitu 1999, Hal ini berarti terjadi penufUnan lcrhadap pengendalian blaya kualita.<:, Dan basil prosentase biaya kualitas tcrhadap penjualan produk yang dlcapai selama p;:riode 1999-::001 menunjukkan banvv'a pengendalian biaya kua\itas cukup balk dan daft hasH pro:;entase yang ditunjukkan sebesar 7,71 % ()engan tingkat biaya kualitas sebcsar 9,4 1% CV~ Maggar San pada talmo 2001. perusahaan masih pcrlu melaksanakan Cost R1?duCfirm I)rogl'am minima! mampu meraih 2,35 OJ!! sctiap tahun untuk mencapal target level.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK. A. 17-03 Wid i (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: PENGENDALIAN BIAYA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Dwi WidyastutiNIM049711419-E
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Iswati, Dra., Hj., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 18 Nov 2016 21:15
Last Modified: 11 Jun 2017 21:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46205
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item