ANALISIS BIAYA -VOLUME -LABA DENGAN PENDEKATAN ACTIVITY BASED COSTING SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN MERENCANAAN LABA PADA PT. "X" DI SURABAYA

WISNUAJI TRIHANANTO HUTOMO, 049812046 E (2002) ANALISIS BIAYA -VOLUME -LABA DENGAN PENDEKATAN ACTIVITY BASED COSTING SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN MERENCANAAN LABA PADA PT. "X" DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk A 18.03 Hut a.pdf

Download (892kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pencapaian laba yang optlmal merupakan tujuan mengapa dldnikannya perusahaan yang profif oriented, untuk mencapai laba yang optimal perusahaan sclalu dihadapkan pada masa dcpan yang tidak pasli. I'en:ncanaan pada dasarnya merupakan kegiatan memhentuk masa depan yang dapat digunakan sebagai daSE\r SU!1tu keputusan~ dcngan melakukan perenca.naan laba maka kemungkinan dan kesempatan perusahaan untuk mcmperoleh laba yang optimal akan dapat tcrcapat. Dalam perencanaan laba manajcmcn perlu menganahsls komponen-komponen dan laba yang mencakup uosur penjualan. biaya dan laba. Salah salu alat bantu rnanajemen yang dapat digunakan j')ert.l~n dalam perencanaan laba adalah anahsis biaya volume 1aOO. Bagl perusahaan yang rnenghasilkan multiproduk komposisl penjualan mempanya. pengaruh lcmndap kontTibusi dari segmen produk lethadap laha perusahaan seeara keseluruhan mala dan itu harus dilakukan analisis unluk memastikan untuk memastlkan bahwa setiap jenis produk memberikan kontribusi laha yang opnm.1 hag. peru'ilihaan. Penclitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuahtatiC penelltlan 1m akan membahas tentang bagalmana s.eharusnya perusahaan mcmperoleh sootu infonnasi yang re!evan untuk dijadlkan perusahaan sebagru dasar pengambllan keputusan guna mencapai laba yang optimal. dimulaj pL.-nggunaan sis1em activity ba~ed costIng yang kemlldian dilanju1kan de-ngan pemilihan altematif-alternatifyang dapat sesuai dengan kondisl dan s11uasi pe1llilahaan saal mi Dari hast! penelitlun ini dapat dlsimpulkan bahwa perusahaan belurn menerapkan analisls hiaya volume dengan pendek.atan ABC unruk merencanakan Iaba Salah 5atu mantaat dan Sl&tem ABC adalah perhitungan hiaya produk yang 1ebih akurnl dan informatif, .iika dihaodingkan dengan sistem traditional penggunaan sistem ABC menghasilkan perhi1ungan biaya produk yang lebih rendah 6,6 % llntuk sengon dan menm11 leblh tmggt 3,8 %. analisls biaya volume laba menghasilkan beberapa informast bagi manajemen. yaltu BEP produk sengon 28.406 m~ dan menmti 27.379 m\ MOS ( Margin olSajely l scngon 5.614 m'dan mcranti 5All m\ OOL ( Degree oj Operailng LaverugĀ« ) untuk produk sengon 2,67 dan meranti 2,68. Untuk. mencapai target lab. perusaahaan scbesar 30 % .tau Rp 613.318.850 altenatif yang dapat dilakukan, yai{u dengan earn mentngkatan penjualan sengon sebanyak 35.228 m' dan meranti 33.955 m', mena.kkan haTgll pwduk sengon sebeSOT $US 112 dan meranti SUS 146, menekan blaya unit ltfw:/~udivlfies sebesar 0,19 il/i} (Rp 141535.125 )

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK. A. 18-03 Hut a (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: ANALISIS BIAYA -VOLUME -LABA; ACTIVITY BASED COSTING ; MANAJEMEN MERENCANAAN LABA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
WISNUAJI TRIHANANTO HUTOMO, 049812046 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDian Agustia, Dra., M.si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 18 Nov 2016 21:56
Last Modified: 12 Jun 2017 17:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46221
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item