HUBUNGAN JOB DEMANDS-RESOURCES DENGAN KETERIKATAN KERJA PADA PERAWAT INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM WONOKROMO SURABAYA

ANISSA RIZKA AMANDA, 111 111 561 (2016) HUBUNGAN JOB DEMANDS-RESOURCES DENGAN KETERIKATAN KERJA PADA PERAWAT INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM WONOKROMO SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
PSI.67-16 Ama h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan job demands-resources dengan keterikatan kerja pada perawat instalasi rawat inap Rumah Sakit Islam Wonokromo Surabaya. Menurut Roothmann (2006), job demands diartikan sebagai tuntutan pekerjaan yang mengacu pada aspek pekerjaan yang mungkin dapat menyebabkan tekanan karena berada di dalam situasi dimana mereka melampaui ketrampilan adaptif individu dan job resources mengacu pada sejauh mana karyawan memperoleh tawaran berkarir dan kesempatan untuk berkembang oleh pekerjaan mereka. Menurut Schaufeli et al (2002) keterikatan kerja diartikan sebagai emosi positif, keterlibatan penuh dalam pekerjaan yang ditandai dengan vigor, dedication dan absorption. Reliabilitas alat ukur dalam penelitian ini menggunakan Alpha Cronbach dengan bantuan SPSS 16.00 for windows. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh koefisien reliabilitas pada variabel keterikatan kerja sebesar 0,931, variabel job demands sebesar 0,758 dan variabel job resources sebesar 0,868. Validitas alat ukur dalam penelitian ini menggunakan analisis rasional professional judgment. Berdasarkan hasil uji korelasi dengan menggunakan Spearman Rho, diperoleh koefisien korelasi antar job demands dan keterikatan kerja adalah 0,362 dengan taraf signifikansi -0,114 dan hasil korelas antara variabel job resources dan keterikatan kerja diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,000 dengan taraf signifikansi 0,614. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara job demands dengan keterikatan kerja dan ada hubungan antara job resources dengan keterikatan kerja pada perawat di instalasi rawat inap Rumah Sakit Islam Wonokromo Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI.67/16 Ama h
Uncontrolled Keywords: job demands, job resources, keterikatan kerja
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
ANISSA RIZKA AMANDA, 111 111 561UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSami’an, M.Psi., psikologUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 20 Nov 2016 16:34
Last Modified: 12 Jun 2017 18:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46232
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item