HUBUNGAN HYGIENE PENJAMAH MAKANAN DAN SANITASI TEMPAT PRODUKSI TERHADAP KUALITAS BREM (STUDI PADAHOME INDUSTRI BREM DESA KALIABU KECAMATAN MEJAYANKABUPATEN MADIUN)

MALISA DEVI PRIANTO, 101111089 (2016) HUBUNGAN HYGIENE PENJAMAH MAKANAN DAN SANITASI TEMPAT PRODUKSI TERHADAP KUALITAS BREM (STUDI PADAHOME INDUSTRI BREM DESA KALIABU KECAMATAN MEJAYANKABUPATEN MADIUN). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 311-16 Pri h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Brem merupakan makanan khas dari Kota Madiun yang terbuat dari sari beras ketan yang dimasak dan dikeringkan. Industri brem terletak di Desa Kaliabu yang merupakan desa binaan PT.KAI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan hygiene penjamah makanan dan sanitasi tempat produksi terhadap kualitas brem pada homeindustry brem di Desa Kaliabu Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dan bersifat cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah industri rumah tangga brem yang berjumlah 54 industri. Sampel dalam penelitian ini adalah home industry yang ada di Desa Kaliabu dengan besar sampel 22 yang ditentukan secara acak. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan di home industry brem Desa Kaliabu. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah hygiene penjamah makanandan kualitas biologi brem. Untuk mengetahui hubungan antar variabel digunakan uji Person Chi Square dan uji Fisher Exact dengan tingkat kemaknaan α = 0,05. Dari hasil penelitian, secara keseluruhan hygene penjamah makanan tidak memenuhi syarat (72,7 %), sanitasi tempat produksi tidak memenuhi syarat (32 %) kualitas fisik brem tidak memenuhi (40,9 %) dan kualitas biologi tidak memenuhi syarat (81,8 %). Berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan Fisher Exact, dapat diketahui bahwa terdapat hubungan bermakna antara hygiene penjamah makanan dengan kualitas biologi brem (0,046 ˂ α ) dan fasilitas mencuci dengan kualitas fisik brem (0,023 ˂ α). Kesimpulan yang dapat ditarik adalah dari uji statistik yang dilakukan pada variabel penelitian sebagian besar tidak berhubungan. Hal ini disebabkan kurangnya kesadaran home industry untuk menerapkan hygiene dan sanitasi dalam proses produksinya. Sehingga perlu dilakukan sidak oleh Dinas Kesehatan untuk memberi efek jera bagi home industry yang tidak menerapkan hygiene sanitasi makanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 311-16 Pri h
Uncontrolled Keywords: Hygiene, kualitas, sanitasi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD7260-7780.8 Industrial hygiene. Industrial welfare
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
MALISA DEVI PRIANTO, 101111089UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRetno Adriyani, S.T., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 20 Nov 2016 16:49
Last Modified: 18 Mar 2018 19:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46239
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item