INDEKS BIOTIK BMWP-aspt DAN TBI PADA MINTAKAT RIPARIAN SEBAGAI PENDUGA KUALITAS PERAIRAN ANAK SUNGAI HULU KALI JANJING, MOJOKERTO

PUJI ARTI NINGSIH, 080012186 (2004) INDEKS BIOTIK BMWP-aspt DAN TBI PADA MINTAKAT RIPARIAN SEBAGAI PENDUGA KUALITAS PERAIRAN ANAK SUNGAI HULU KALI JANJING, MOJOKERTO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
kk mpb 05-05 Nin i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks biotik BMWP-aspt (Biological Monitoring Working Party-average score per taxon) dan Trent Biotic Index (TBI) makroinvertebrata riparian serta menduga tingkat kualitas perairan anak sungai hulu Kali Janjing berdasarkan indeks biotiknya. Pengambilan sampel makroinvertebrata dilakukan di daerah riparian menggunakan kicknet pada lima titik sampling pada anak sungai huIu Kali Janjing, Mojokerto. Masing-masing titik sampling yang diteliti sepanjang 10 meter dengan replikasi sebanyak empat kali. Cara pengambilan sampel makroinvertebrata akuatik dengan cara kick-net disodokkan kearah makrofita dan dibantu dengan gerakan kaki pada makrofita dengan harapan makroinvertebrata akuatiknya dapat lepas dari makrofita, terbawa arus, dan masuk ke daIam jaring kick-net. Sampel yang diperoleh segera dimasukkan dalam kontainer kemudian diawetkan dengan aIkohol 70%. Sampel yang didapat kemudian disortir. HasH penyortiran kemudian diawetkan dengan aIkohol 700/0, untuk selanjutnya siap untuk diidentifikasi dengan menggunakan mikroskop binokuler. Makroinvertebrata yang akan diamati diletakkan dalam cawan petri dan diletakkan pada meja obyek mikmskop binokuIer dengan perbesaran lOx 10. Setiap sampel yang sejenis atau satu taksa hasil identifikasi dimasukkan dalam kontainer tersendiri, agar memudahkan penghitungan jumlah atau kelimpahannya. Analisis data menggunakan Indeks Biotik BMWP-aspt (Biological Monitoring Working Party-average score per taxon) dan Trent Biotic Index (TBI). Sampel yang berhasil dikoleksi berjumlah 18 taksa familia yaitu familia Thiaridae, Baetidae, Perlidae dan Hydropsychidae merupakan familia yang dominan. Hasil perhitungan indeks biotik BMWP-aspt makroinvertebrata riparian pada stasiun I sebesar (5,7431); II (6,4092); III (5,8988); IV (5,5) dan V (5,0938) sedangkan Trent Biotic Index (TBl) mendapatkan nilai yang seragam yaitu 6. Berdasarkan indeks biotik tersebut dapat dikatakan bahwa anak sungai huIu Kali Janjing merupakan perairan yang tercemar sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKC MPB 05-05 Nin i FULLTEXT TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: Indeks Biotik, Makroinvertebrata, Riparian, HuIu sungai
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC401-506 River, lake, and water-supply engineering (General)
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
PUJI ARTI NINGSIH, 080012186UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorT. Widyaleksono, Drs. C.P, M..Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorHosmanida, Dra. Hosmanida, M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 20 Nov 2016 17:17
Last Modified: 12 Jun 2017 19:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46247
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item