KONTRIBUSI SEKTOR INDUSTRI PENGOLAHAN SKALA SEDANG DAN BESAR DALAM MENINGKATKAN PDRB SEKTOR INDUSTRI PENGOLAHAN KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 1991 -2000

DITA ASMARA, NIM. : 049815979 (2003) KONTRIBUSI SEKTOR INDUSTRI PENGOLAHAN SKALA SEDANG DAN BESAR DALAM MENINGKATKAN PDRB SEKTOR INDUSTRI PENGOLAHAN KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 1991 -2000. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK C 46-03 ASM K.pdf

Download (222kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Upaya pembangunan di negara sedang berkembang, identik dengan upaya meningkatkan pendapatan perkapita atau yang sering disebut dengan pertumbuhan ekonomi. Banyak yang beranggapan yang membedakan antara negara sedang berkembang dengan negara maju adalah pendapatan rakyatnya sehingga dengan ditingkatkannya pertumbuhan ekonomi diharapkan masalah-masalah seperti pengangguran, kemiskinan dan ketimpangan distribusi pendapatan yang dihadapi negara sedang berkembang dapat diatasi. Kabupaten Sidoarjo mempunyai pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi di bandingkan Kabupaten lainnya. Tingginya pertumbuhan ekonomi ini ternyata didukung oleh perkembangan industri di cerminkan oleh semakin besarnya sumbangan industri pengolahan terhadap PDRB Kabupaten Sidoarjo dari tahun ke tahun. Besarnya sumbangan industri pengolahan ini didukung oleh variabel-variabel antara lain jumlah tenaga kerja, nilai bahan baku dan nilai investasi. Dari sini timbul permasalahan seberapa besar pengaruh 3 faktor tersebut terhadap nilai PDRB sektor industri pengolahan skala sedang dan besar Kabupaten Sidoarjo. Berdasarkan hasil uji model dengan menggunakan regresi tinier berganda, dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel yang mempunyai pengaruh yang signifikan adalah jumlah tenaga kerja dan nilai investasi. Sedangkan nilai bahan baku tidak mempunyai pengaruh yang signifikan. Hal tersebut dikarenakan setiap kenaikan nilai bahan baku yang digunakan belum tentu diikuti oleh kenaikan jumlah input yang digunakan, mungkin saja kenaikan nilai bahan baku disebabkan karena adanya inflasi yang mengakibatkan kenaikan harga bahan baku. Berdasarkan besarnya koefisien beta, dapat diketahui bahwa variabel jumlah tenaga kerja mempunyai pengaruh yang dominan terhadap perubahan PDRB sektor industri pengolahan skala sedang dan besar Kabupaten Sidoarjo. Hal tersebut dikarenakan mengingat kondisi sektor industri pengolahan Kabupaten Sidoarjo yang bersifat padat karya maka setiap peningkatan jumlah tenaga kerja akan meningkatkan PDRB sektor tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK C 46/ 03 Asm k
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
DITA ASMARA, NIM. : 049815979UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantH. Jasid Baisa, Drs. Ec., , MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 20 Nov 2016 18:05
Last Modified: 12 Jun 2017 19:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46269
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item