ANALISIS PENYALURAN PEMBIAYAAN PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA PERIODE DESEMBER 2000 - DESEMBER 2002

ANITA KUSUMANINGTYAS, NIM. : 049916455 (2004) ANALISIS PENYALURAN PEMBIAYAAN PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA PERIODE DESEMBER 2000 - DESEMBER 2002. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK C 48 04 Kus a.pdf

Download (219kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada saat ini perbankan syariah sebagai lembaga keuangan telah mampu memainkan peran penting dan mempunyai kontribusi yang besar terhadap pembangunan ekonomi terutama dalam menggerakkan roda sektor riil. Melalui peningkatan fungsi intermediasi maka perbankan syariah akan dapat menjembatani unit ekonomi yang surplus kepada unit ekonomi yang defisit, yaitu melalui penempatan aktiva produktif perbankan syariah melalui pembiayaan yang disalurkannya sehingga aktivitas sektor riil akan terpacu dan proses pembangunan akan dapat berjalan dengan lancar. Pembiayaan yang diberikan oleh perbankan syariah di Indonesia dipengaruhi oleh banyak faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal. Dalam penelitian ini variabel-variabel yang digunakan adalah Dana Pihak Ketiga (DPK), Sertifikat Wadiah Bank Indonesia (SWBI), serta inflasi. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah antara Desember 2000-Desember 2002. Setelah melihat perhitungan terhadap persamaan regresi yang digunakan, diperoleh kesimpulan bahwa ketiga variabel bebas yaitu Dana Pihak Ketiga (DPK), Sertifikat Wadiah Bank Indonesia (SWBI) dan Inflasi yang dikemukakan memang signifikan secara bersama-sama terhadap variabel tergantungnya yaitu pembiayaan yang disalurkan oleh perbankan syariah di Indonesia. Sedangkan secara parsial hanya ada dua variabe1 yang signifikan mempengaruhi pembiayaan yang disalurkan oleh perbankan syariah yaitu Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Sertifikat Wadiah Indonesia (SWBI) sedangkan variabel Inflasi tidak signifikan pengaruhnya terhadap pembiayaan yang disalurkan oleh perbakan syariah di Indonesia. Variabel Dana Pihak Ketiga (DPK) mempunyai pengaruh paling dominan diantara dua variabel bebas lainnya, karena semakin besar dana pihak ketiga yang dihimpun maka pembiayaan yang disalurkan oleh perbankan syariah akan semakin meningkat mengingat Dana Pihak Ketiga merupakan sumber dana terbesar perbankan syariah yang digunakan untuk menyalurkan pembiayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK C 48/ 04 Kus a
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP174-190 The practice of Islam
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1811-2351 Special classes of banks and financial institutions
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
ANITA KUSUMANINGTYAS, NIM. : 049916455UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantJAZID BAlSA, Drs. E., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 20 Nov 2016 19:10
Last Modified: 12 Jun 2017 21:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46293
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item