ANALlSlS FOREIGN REPERCUSSIONS MULTIPLIER UNTUK MENGHITUNG PENGARUH SIKLUS BISNIS DUA NEGARA YANG BERMITRA DAGANG (STUDI KASUS INDONESIA DENGAN KOREA SELATAN PERIODE 1976 – 2002)

RIFAl AFIN, NIM.: 040016804 (2004) ANALlSlS FOREIGN REPERCUSSIONS MULTIPLIER UNTUK MENGHITUNG PENGARUH SIKLUS BISNIS DUA NEGARA YANG BERMITRA DAGANG (STUDI KASUS INDONESIA DENGAN KOREA SELATAN PERIODE 1976 – 2002). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK C 49 04 Afi a.pdf

Download (212kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam penelitian ini dicoba untuk melihat bagaimana perdagangan berperan dalam mempengaruhi kondisi perekonomian negara lain yang bermitra dagang. Pengaruh kondisi perekonomian antar negara banyak menuai perdebatan di kalangan ahli ekonomi, ada yang berpendapat perdagangan bukan merupakan hal yang penting dalam proses transmisi kondisi perekonomian. Ada juga yang berpendapat sebaliknya bahwa perdagangan merupakan hal yang penting dalam transmisi kondisi perekonomian antar negara, serta ada juga yang berpendapat berada pada perbedaan yang ekstrim tersebut sebelumnya. Terlepas dari perdebatan di atas, dalam penelitian ini akan dicoba untuk melihat berapa besar peran perdagangan dalam mentransmisikan kondisi perekonomian suatu negara yang dalam hal ini adalah Indonesia dan Korea Selatan pada tingkat permintaan aggregat yaitu melalui saluran pendapatan (Income Channel), tidak pada tingkat industri dimana pada kedua tingkat ini terdapat ambiguitas. Pada penelitian ini tidak membedakan efek income channel baik yang melalui exchange rates channel maupun non exchange rates channel .Jadi dalam penelitian ini tidak mendeteksi datangnya income effect apakan berasal dari exchange rates atau non exchange rates channel. Dengan menghitung foreign repercussion multiplier yang dihitung dengan menggunakan teknik estimasi two stage least square yang disertai proses identifikasi baik pada order condition maupun rank condition dapat diketahui bagaimana perdagangan berperan dalam mempengaruhi kondisi negara lain. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dampak perdagangan bilateral antara Indonesia dengan Korea Selatan berdampak re1ative kecil terhadap perilaku fluktuasi ekonomi Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK C 49/ 04 Afi a
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce > HF1-6182 Commerce
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
RIFAl AFIN, NIM.: 040016804UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantSOEBAGYO, Drs. Ec.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 20 Nov 2016 21:30
Last Modified: 12 Jun 2017 22:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46323
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item