PERBANDINGAN LOKASI BERTELUR PENYU LEKANG (Lepidoche/ys olivacea) DAN PENYU SISIK (Eretmochelys imbricata) DI KABUPATEN JEMBRANA, BALI BARAT

Ni Ketut Sekar Santi Indraswari Palupi, 089711666 (2001) PERBANDINGAN LOKASI BERTELUR PENYU LEKANG (Lepidoche/ys olivacea) DAN PENYU SISIK (Eretmochelys imbricata) DI KABUPATEN JEMBRANA, BALI BARAT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK MPB 10-02 PAL P.pdf

Download (338kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keberadaan populasi penyu di alam saat ini mengalami penurunan antara lain disebabkan oleh penurunan kualitas dan kuantitas habitat. Sehingga diperlukan upaya konservasi yang lebih bijaksana untuk mengatasi ancaman terhadap kelestarian penyu. Salah satu usaha yang dilakukan adalah perlindungan habitat yang meliputi daerah penel uran penyu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membandingkan daerah panta] peneluran yaitu Pantai Perancak sebagai habitat peneluran penyu lekang (Lepidochelys ohvacea) dan Taman Nasional Bali Barat sebagai habitat peneluran penyu sisik (Frelmochelys imhricala) yang berada di Kabupaten .1ernbrana, Bali Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggambarkan lokasi berteJur dengan parameter panjang, Iebar dan kemiringan pantai, suhu air, suhu pasir, suhu udara, kandungan air dan fraksi pasir pantai, serta jenis vegetasi dan gangguan terhadap habitat peneluran. Hasi1 penelitian ini dapat disimpulkan terdapat perbedaan tipe habitat pada kedua lokasi bertelur yaitu Pantai Perancak memihki lebar pantai yang relatif sernpit dengan kerniringan pantai terrnasuk kategori agak landai. Pantai Perancak rnerni1iki pasir berwama hitam. kadar air rendah dan didominasi oleh fraksi pasir sedang dan fraksi pasir halllS. Jenis vegetasi yang sering dijurnpai adalah Cocos nucifera, Hisbiscus IIlit1ceIL". Glyricidia sepium, PandanIL"i leclorilL", 0punlia elatior, Ipomoea pes-caprae dan Spinijex hlloreu ....... Sedangkan pantai di Taman Nasional Bah Barat memiliki lebar pantai yang relatif sernpit dengan kemiringan pantai agak curarn. Pantaj di kawasan iill memiliki pasir berwarna putih, kadar alr rendah dan didominasi fraksi pasir kasar. Jenis vegetasi yang sering dijurnpai yaitu Ceriops fagal. Lantana camara, Pluchea indica dan Imperata cylindrica.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKC MPB 10-02 Pal p fulltext tidak ada
Uncontrolled Keywords: Penyu, Lepidochelys olivacea, Eretmochelys imbricata dan habitat peneluran
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Ni Ketut Sekar Santi Indraswari Palupi, 089711666UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBambang lrawan, Dr.UNSPECIFIED
Thesis advisorRosmanida, Dra. , M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 20 Nov 2016 22:13
Last Modified: 12 Jun 2017 22:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46334
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item