PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP NILAI PELANGGAN PADA PEMILIK SEPEDA MOTOR HONDA DI SURABAYA

NI MADE AYU IRMA, 040137324 (2004) PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP NILAI PELANGGAN PADA PEMILIK SEPEDA MOTOR HONDA DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 60-05 Irm P.pdf

Download (186kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ekuitas merek adalah aset yang penting bagi perusahaan. Oleh karena itu ekuitas merek harus dikelola dengan baik agar dapat meningkatkan nilai pelanggan. Ekuitas merek dapat membantu konsumen dalam menafsirkan. berproses dan menyimpan informasi dalam jumlah besar mengenai produk dan merek, ekuitas merek juga bisa mempengaruhi rasa percaya diri konsumen dalam mengarnbil keputusan pembelian dan ekuitas merek bisa menguatkan keputusan konsumen dengan pengalaman menggunakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek terhadap nilai pelanggan pada pemilik sepeda motur Honda di Surabaya dan manakah dari keempat variabeI utama ekuitas merek yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap nllai pelanggan pada pemilik sepeda motor Honda di Surabaya. Variabel bebas yang digunakan da\am penelitian ini terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, kesan atau persepsi kualitas, dan loyalitas merek Sedangkan variabel terikatnya adalah nilai pelanggan pada pemilik sepeda motor Honda di Surabaya. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi dari buku "Building Strong Brands" dari David A. Aaker (1996). Populasi dalam penelirian ini adalah pemilik sepeda motor Honda di Surabaya minimum buatan tabun 1995, dengan jumlab sampel 100 orang. Sebelum dianalisis, data yang didapatkan diuji dengan uji reliabilitas dan uji validitas, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda disertai uji asumsi k1asik yaitu uji multikolinearitas dan homokedastisit3s. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa semua data yang didapatkan ternyata reliabel dan valid sehingga dapat dianalisis Iebih lanjut dengan teknik analisis regresi dengan hasil persamaan Y = 0,519 +0,375X1 + 0,1 OOX2 +0,091X3, + 0,430X4 Dengan nilai F ratio sebesar 96,873 dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,803. Hipotesis yang dikemukakan dalam penelitian ini diterima yang berarti ekuitas merek memiliki pengaruh terhadap nilai pelanggan pada tingkat signifikansi 5%. Semua variabel bebas yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, kesan atau persepsi kualitas dan loyalitas merek berpengaruh terhadap variabel terikat (nilai pelanggan) dengan arab yang searab. Di mana variabel loyalitas merek memiliki pengaruh yang dominan terhadap nilai pelanggan pada pemilik sepeda motor Honda di Surabaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 60/05 Irm p FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: BRAND, PRODUCTS, NAME
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
NI MADE AYU IRMA, 040137324UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH. EFFENDIE, Prof., Dr., SEUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 20 Nov 2016 22:53
Last Modified: 14 Jun 2017 16:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46346
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item