ANALISIS SEGMENTASI PASAR BERDASARKAN MANFAAT YANG DICARI KONSUMEN SEBAGAI DASAR BENTUK MENENTUKAN PASAR SASARAN DAN BAURAN PEMASARAN PADA TOKO SURYA MAS DI SINGARAJA -BALI

NOVIANTHI, 049510748/E (2001) ANALISIS SEGMENTASI PASAR BERDASARKAN MANFAAT YANG DICARI KONSUMEN SEBAGAI DASAR BENTUK MENENTUKAN PASAR SASARAN DAN BAURAN PEMASARAN PADA TOKO SURYA MAS DI SINGARAJA -BALI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 61-01.NOV A.pdf

Download (168kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam situasi persaingan yang sangat ketat dan perekonomian yang sulit diprediksi diperlukan pemahaman tentang kebutuhan dan keinginan konsumen yang memiliki karakteristik yang berlainan. Dengan karakteristik yang beragam ini tentunya terdapat perbedaan dalam manfaat yang dicari konsumen dalam membeli suatu produk, begitu juga dengan program bauran pemasaran yang diinginkan juga berbeda. Hal ini yang mendorong dilakukannya penelitian mengenai "Analisis Segmentasi Pasar Berdasarkan Manfaat Yang Dicari Konsumen Sebagai Dasar untuk Menentukan Pasar Sasaran dan Bauran Pemasaran Pada Toko Surya Mas Di S ingaraj a-Bali " . Model analisis dalam penelitian ini bersumber pada model proses segmentasi pasar, penetapan pasar sasaran dan penetapan bauran pemasaran dari Eric N. Berkowitz dkk dalam buku Marketing (1992: 201). Teknik analisis dilakukan dengan metodeCrosstabs dengan uji Chi-Square. Penelitian ini dilakukan dalam upaya untuk mengidentifikasi segmen pasar pada Toko Surya Mas berdasarkan manfaat yang dicari. Manfaat tersebut adalah harga, kualitas produk, kualitas pelayanan dan garansi/jaminan. Rumusan masalah yang diajukan adalah apakah ada perbedaan preferensi tipe kadar emas diantara kelompok konsumen yang memiliki perbedaan manfaat yang dieari dan apakah ada perbedaan prioritas manfaat yang dicari konsumen diantara segmen pasar yang berlainan tingkat penghasilan dan latar belakang tujuan pembelian. Hasil pengolahan data diperoleh hasil "l hitung (32,004) > 'i tabel (16,919) untuk preferensi tipe kadar emas diantara kelompok konsumen yang memiliki perbedaan manfaat yang dieari. Sedangkan untuk karakteristik berdasarkan tingkat penghasilan konsumen diperoleh hasil X2 hitung (35,587) > l tabel (16,919) dan karakteristik latar belakang tujuan pembelian diperoleh hasil X2 hitung (27,701) > X2 tabel (l6,919).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada beda preferensi tipe kadar emas diantara kelompok segmen yang memiliki perbedaan manfaat yang dicari. Dan ada beda manfaat yang dicari diantara konsumen yang memiliki tingkat penghasilan dan latar belakang tujuan pembelian yang berbeda. Berdasarkan hasil proses analisis segmentasi maka segmen yang dapat dijadikan pasar sasaran adalah segmen yang mementingkan harga dan segmen yang mementingkan kualitas produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 61/01 Nov a FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: MARKET SEGMENTATION, CONSUMPTION, ECONOMIC, BAURAN PEMASARAN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
NOVIANTHI, 049510748/EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorY. Lilik Rudianto, Drs., MBAUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 20 Nov 2016 22:58
Last Modified: 20 Nov 2016 22:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46347
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item