STRATEGI PERLAWANAN KOMUNITAS GAY TERHADAP DISKRIMINASI KEBIJAKAN PEMERINTAH YANG BIAS GENDER DI SURABAYA (STUDI KASUS GAYa NUSANTARA)

ARVIN DANU EGA, 071211333062 (2016) STRATEGI PERLAWANAN KOMUNITAS GAY TERHADAP DISKRIMINASI KEBIJAKAN PEMERINTAH YANG BIAS GENDER DI SURABAYA (STUDI KASUS GAYa NUSANTARA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI NVERY NEW PERPUSTAKAAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji suatu Gerakan soaial dan identitas Politik, dimana menggunakan studi kasus GAYa Nusantara sebagai media representasi kaum homoseksual serta para waria di Surabaya. Dengan melihat langsung bagaimana strategi dan pola-pola dalam Komunitas tersebut sebagai media yang menjembatani para kaumnya dalam mengaspirasikan hak-hak mereka. Penelitian ini menggunakan teori politik identitas dan queer theorydengan menggunakan dua pendekatan yakni, pendekatan politik pengakuan dan pendekatan subaltern counterpublic. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan bagaiamana perlawanan komunitas tersebut terhadap eksistensi kaum gay dan waria untuk mendapatkan penerimaan oleh masyarakat dan diperhatikan oleh pemerintah dalam penyusunan kebijakan yang dinilai masih bias gender. Penelitian ini dilaksanakan di kota Surabaya yang notabenenya memiliki perkembangan kaum LGBT yang pesat dengan kasus-kasus diskriminasi oleh masyarakat maupun kebijakan pemerintah yang bias gender. Karena hal tersebut lahirlah suatu komunitas-komunitasLGBT, salah satunya GN yang merepresntasikan para gay dan waria di Surabaya. Maka penelitian ini dilaksanakan untuk melihat langsung bagaimana GN mengatur strategi dan menjalankan perlawanan kepada pemerintah maupun masyarakat untuk mendapatkan hak-hak kaum yang direpresentasikannya. Kritik dan perlawanan komunitas terhadap pemerintah masih belum mebuahkan hasil, hingga saat ini LGBT dalam presepsi masyarakat dan pemerintah di Surabaya masih belum menerima terhadap eksistensi para gay dan waria. Sehingga membuat komunitas GN terus berusaha untuk mendapatkan pengakuan para kaumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis P 58/16 Ega s
Uncontrolled Keywords: Gerakan Sosial Baru, Politik Identitas, Kaum Marginal, Politik Pengakuan, LGBT
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
ARVIN DANU EGA, 071211333062UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Aminah, Dr. , Drs.M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 21 Nov 2016 01:32
Last Modified: 20 Jun 2017 21:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46374
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item