GERAKAN SOSIAL :GERAKAN PAGUYUBAN PENAMBANG MINYAK SUMUR TUA WONOMULYO DI DESA HARGOMULYO KECAMATAN KEDEWAN KABUPATEN BOJONEGORO

Mochamad Bima Novianta, 071211331004 (2016) GERAKAN SOSIAL :GERAKAN PAGUYUBAN PENAMBANG MINYAK SUMUR TUA WONOMULYO DI DESA HARGOMULYO KECAMATAN KEDEWAN KABUPATEN BOJONEGORO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (834kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Mochamad Bima Novianta-071211331004-skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini adalah hasil yang mengkaji Gerakan paguyuban penambang minyak sumur tua “Wonomulyo” di desa Hargomulyo Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro. Penelitian tentang Gerakan Sosial ini mencoba untuk melihat tiga permaslahan. Pertama, apa faktor yang mendorong didirikannya sebuah Paguyuban Pertambangan minyak sumur tua Wonomulyo. Kedua, siapa saja yang menjadi penggerak Paguyuban pertambangan minyak sumur tua Wonomulyo, ketiga apa saja hasil dari perjuangan Paguyuban Pertambangan minyak sumur tua Wonomulyo. Dengan menggunakan metode deskriptif Kulaitatif. Subyek penelitian ini adalah terdiri dari, Ketua Pguyuban, Kepala desa dan masyarakat Penambang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Gerakan sosial Paguyuban Wonomulyo ini mampu menjadi alat untuk menjembatani/relasi antara masyarakat Penambang minyak sumur tua dengan Pertamina dengan baik, karena jika hubungan antara Pertamina dan Masyarakat dilakukan secara langsung maka akan menimbulkan konflik yang akan terus terjadi, serta Paguyuban ini mampu menjadi Kontrol sosial masyarakat untuk mengurangi penjualan minyak mentah secara illegal dan illegal drilling (pengeboran secara illegal) yang tidak mungkin langsung dikontrol oleh Pertamina. Oleh karena itu terbentuklah sebuah Gerakan Paguyuban Wonomulyo untuk mengontrolnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis P 62/16 Nov g
Uncontrolled Keywords: Gerakan sosial, Konflik, Penengah Konflik
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Mochamad Bima Novianta, 071211331004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Windyastuti Budi H, DR.,DRA.,M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 21 Nov 2016 02:27
Last Modified: 20 Jun 2017 21:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46386
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item