KADAR PROGBSTERON SERUM MENCIT (MUB musculus) SEBELUM DAN SESUDAH IMUNISASI DENGAN MENGGUNAKAN ZONA PELUSIDA-3 KAMBING (gZP3)

Dian Agustina, 080012254 (2004) KADAR PROGBSTERON SERUM MENCIT (MUB musculus) SEBELUM DAN SESUDAH IMUNISASI DENGAN MENGGUNAKAN ZONA PELUSIDA-3 KAMBING (gZP3). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK MPB 15-05 AGU K.pdf

Download (321kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar progesteron serum sebelum dan sesudah imunisasi dengan zona pelusida-3 kambing (gZP3) berdasarkan siklus birahi pada mencit (Mus musculus). Hewan coba yang digunakan adalah 10 ekor mencit (Mus musculus) betina galur BALB-C, berumur 2-3 bulan, dengan berat badan antara 25-30 gram. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap dan data yang diperoleh dianalisa dengan ANA VA dua arah (a = 0,05). Imunisasi dilakukan melalui injeksi secara sub kutan. Pada imunisasi I volume suspensi gZP3 yang diimunisasikan adalah 0,1 ml yang mengandung 40 Ilg ZP3 dicampur dengan 0,1 ml Complete Freunds A4Juvant. Imunisasi II yang dilakukan pada hari ke-14 setelah imunisasi I menggunakan suspensi 0,1 ml yang mengandung 40 Ilg gZP3 dicampur dengan 0,1 ml Incomplete Freunds Adjuvant. Imunisasi III dilakukan pada hari ke-14 setelah imunisasi II dengan komposisi suspensi yang sarna dengan imunisasi II. Untuk memperoleh serum maka setiap kali sebelum imunisasi I, imunisasi II dan imunisasi III serta seminggu setelah imunisasi III, sampel darah diambil melalui vena orbitalis dengan menggunakan hematokrit. Kadar progesteron dari serum yang terkumpul akan diukur dengan Radio lmmuno Assay (RIA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang nyata pada kadar progesteron serum baik pada fase folikuler maupun fase luteal antara sebelum dan sesudah imunisasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa imunisasi dengan gZP3 tidak merubah kadar hormon progesteron berdasarkan siklus birahi. Dan saran yang dapat diberikan adalah perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang kemungkinan penerapan metode kontrasepsi ini pada manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKC MPB 15-05 Agu k fulltext tidak ada
Uncontrolled Keywords: Progesteron serum, Imunisasi, Zona pelusida-3 kambing (gZP3)
Subjects: Q Science
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Dian Agustina, 080012254UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Winami, Dra. Dwi Winami, M.Si,UNSPECIFIED
Thesis advisorImam Mustofa, Drh., M. KesUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 21 Nov 2016 18:34
Last Modified: 14 Jun 2017 18:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46446
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item