BRIAN HERNANDA EKA DAYUARSA, 049816138
(2002)
STRATEGI MEMBANGUN JARINGAN DALAM BISNIS MLM (STUDI KASUS PADA BALIANS Inc.(INDONESIA) DI SURABAYA.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Pada permulaan dekade 90an, muncul fenomena baru dalam dunia bisnis di Indonesia dengan hadirnya Amway Corp, sebagai perusahaan consumer good yang memasarkan produknya melalui sistem Multi Level Marketing. Sistem pemasaran ini lebih mengedepankan kerjasama antar orang per orang dalam mendistribusikan suatu produk kepada calon konsumen,. dengan memperoleh sejumlah bonus tertentu. Dalam kurun waktu yang cukup singkat, telah berdiri puluhan pemsahaan MLM di Indonesia, dengan berbagai macam jenis produk seperti : perlengkapan rumah tangga, alat kecantikan., makanan kesehatan, asuransi, dan busana.
Salah satu pemsahaan yang bergerak dalam sistem pemasaran MLM adalah Balians Inc (Indonesia). Berdiri pada akhir tahun 2000 di Jakarta dengan bidang usaha pemasaran berjenjang produk sari buah mengkudu dengan merek dagang "Balinony", dalam waktu sekitar 1,5 tahun telah memiliki anggota sebanyak 30.000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia.
Ditinjau dari konsep MLM yang dikembangkannya, terdapat sedikit perbedaan dengan konsep MLM yang selama ini dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan pionir dalam bisnis MLM seperti Amway, Avon dan CNI. Dalam Balinony konsep tersebut dikenal dengan istilah Uni Level. Secara umum sistem MLM versi Ba1inony (Uni Level) memberikan kebebasan dan kemudahan bagi para anggotanya untuk mengembangkan usaha ini, tanpa dibatasi oleh target-target tertentu.
Namun seperti umumnya pelaku-pelaku da1am bisnis MLM ini, dimana banyak dari mereka yang gaga! bahkan putus asa untuk mengembangkan bisnis ini, sebenarnya diperlukan suatu strategi dalam membangun jaringan (Network) da1am bisnis MLM ini. Tanpa strategi dan pengelolaan jaringan secara baik dan berkelanjutan, mustahil seorang anggota akan mampu bertahan menghadapi berbagai hambatan dan mencapai posisi tertinggi. Untuk itu hendaknya setiap orang yang bergelut dalam bisnis MLM telah memiliki visi terhadap bisnis ini, yang pada gilirannya akan menciptakan suatu strategi pengelolaan jaringan secara tepat dan cermat.
Actions (login required)
|
View Item |