Roimah Nuryati, 079614995
(2003)
STUDI TENTANG KEEFEKTlFAN PELAYANAN JAMSOSTEK
PT.JAMSOSTEK (PERSERO)
KANTOR CABANG KARIMUN JAWA
SURABAYA.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
ABSTRAKSI
Jaminan sosial bagi tenaga kerja merupakan kewajiban bagi semua pengusaha atau perusahaan yang telah memiliki pegawai lebih dari sepuluh orang atau upah lebih dari satu juta rupiah perbulannya, dimana sesuai dengan ketentuan UU No. 3 tahun 1992 tentang Jamsostek. Selain itu jamsostek akan memberikan rasa aman bagi tenaga kerja sehingga di dalam melaksanakan kegiatannya memiliki rasa aman dari resiko yang mugkin akan diterimanya. Oleh sebab itu pelayanan jamsostek sangat diperlukan agar jaminan sosial bagi tenaga kerja dapat diberikan sesuai dengan hak-hak tenaga kerja tersebut. Namun selama ini masih ditemukan permasalahan mengenai pelayanan jamsostek terutama saat pengajuan klaim yang dinilai tidak tepat waktu, menyebabkan kerugian bagi peserta jamsostek karena tidak dapat segera memperoleh klaim yang diajukan. Disamping itu masih banyaknya pengusaha yang tidak mengikutkan tenaga kerjanya pada program jamsostek. Hal ini disebabkan kesadaran hukum para pengusaha yang kurang, lebih mengutamakan bisnis atau dari pihak tenaga kerja sendiri yang tidak mengetahui manfaat dari jamsostek. Berangkat dari permasalahan diatas penelitian ini akan menggambarkan pelaksanaan dan keefektifan pelayanan jamsostek di PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Karimun Jawa-Surabaya.
Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif dan pengumpulan data dengan met ode wawancara, observasi dan penggunaan dokumen. Wawancara secara langsung dilakukan dengan cara purposive, dimana ditentukan terlebih dahulu informan yang tahu betul mengenai permasalahan yang tengah dikaji. Sedangkan observasi dilakukan di lokasi penelitian yaitu PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Karimun JawaSurabaya. Penggunaan dokumen dilakukan guna melengkapi data yang ada, hal ini diperoleh dari lokasi penelitian dan juga dari Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Kota Surabaya sebagai badan pengawas. Untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan penciptaan rapport dan triangulasi data, yaitu dengan membandingkan hasil wawancara antar informan dan hasil observasi ataupun dokumen yang ada. Sedangkan analisis data dilakukan secara kualitatif.
Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan jamsostek telah dirancang sedemikian rupa dalam kerangka organisasi yang melibatkan pada bidang pelayanan di PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Karimun Jawa yang terpusat pada CS (Costumer Service) dan dibantu pada bagian kasir. Aparat pelaksana atau pegawai ini berwenang dalam melaksanakan kegiatan pelayanan jamsostek. Namun dalam pelaksanaannya masih ditemui keterbatasan khususnya mengenai penginformasian antar kantor cabang, pengaju klaim yang tidak memenuhi syarat-syarat, dan keamanan yang kurang dilihat dari pengawasan jamsostek.
Actions (login required)
|
View Item |