EVALUASI PENGENDALIAN INTERN TERHADAP SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN BAHAN BAKU IMPOR PADA PT. INDUSTRI SANDANG NUSANTARA

NITA RAMON GUBALI, 049912577 (2003) EVALUASI PENGENDALIAN INTERN TERHADAP SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN BAHAN BAKU IMPOR PADA PT. INDUSTRI SANDANG NUSANTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 215-03 GIB E.pdf

Download (200kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fungsi pembelian pada suatu perusahaan memegang suatu peranan penting, hal ini didasari pada tiga alasan utama : pertama. karena tidak ada bisnts yang dapat heroperasi tanpa pembelian; kedua sebagai salah satu elemen dasar yang dibutuhkan untuk menyempurnakan )Jroduktivitas kerja; dan ketiga sebagai departemen yang bertanggung jawab terhadap pengadaan barang bagi perusahaan balk untuk bahan baku proses produksi maupun komponen pelengkap sesuai kepentingannya. Fungsi pcmbelian merupakan awal dari proses kegiatan perusahaan sehingga perlu adanya jaminan memadainya efektifitas proses pembelian itu sendiri. Pengendalian intern adalah sarana untuk menjamin memadainya suatu tujuan yang akan dicapai oleh perusahaan tersebut. Pengendalian intern ini meliputi pengukuran hasil pelaksanaan kegiatan atau prestasi dari para pelaksana kegiatan. Transaksi pembelian pada PT. Industri Sandang Nusantara (Persero) terbagi menjadi dua yaitu pembelian lokal dan pembelian impor. Penelitian pada skrispi ini dikhususkan pada pengendalian intern terhadap sistem akuntansi pembelian bahan baku impor. Tujuan utama pengendalian intern pada sistem pembelian ini adalah untuk memastikan bahwa perol~han bahan baku tersebut tepat kualitas, tepat jumlah. tepat waktu, tepat JY;:masok, dan tepat harga. Pengendalian intern terhadap sistem akuntansi pembelian bahan baku impor pada PI. Industri Sandang Nusantara (Persero) l)1emerlukan evaluasi yang berkesinambungan agar fungsi yang satu dengan fungsi yang lain dapat saling mendukung tercapainya keselarasan tujuan perusahaan. Dengan kala lain evaluasi pengendalian intern ini dimaksudkan untuk menemukan kemungkiI1l!l adanya kesalahan-kesalahan dari keputusall, kebijakan, beserta akibat-akibat alau hasilnya, sehingga suatu tindakan perbaikan atau koreksi dapat dilakukan, dan pada akhirnya pengendalian intern ini merupakan suatu usaha untuk mencegah atau setidak-tidaknya mengurangi teIjadinya kesalahan atau JY;:nyimpangan yang berakibat merugikan perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 215-03 Gib e ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: EVALUASI PENGENDALIAN INTERN TERHADAP SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN BAHAN BAKU IMPOR PADA PT. INDUSTRI SANDANG NUSANTARA
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA177.4-185 Engineering economy
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
NITA RAMON GUBALI, 049912577UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus WIdodo MardijuwonoUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 21 Nov 2016 20:16
Last Modified: 14 Jun 2017 19:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46494
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item