PELAKSANAAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN (Studi Deskriptif Tentang Pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Bagian Pasasi PT. Pelayaran Nasional lndonesia (persero) Cabana Surabaya

SHANTY DEWI WIDYA ASMARA, 079715611 (2003) PELAKSANAAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN (Studi Deskriptif Tentang Pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Bagian Pasasi PT. Pelayaran Nasional lndonesia (persero) Cabana Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
AN 32-05 Wid p.pdf

Download (196kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Dalam konteks organisasi yang bergerak dalam bidang jasa, rnaka peningkatan kualitas layanan rnerupakan jawaban dari ketatnya persaingan yang ada. Dalam era teknologi seperti sekarang ini, infonnasi yang serna kin cepat, tepat, dan handal telah menurnbuhkan persaingan ketat baik itu pada skala lokal maupun pada skala global. Keberadaa SIM sebagai pemacu sekaJigus sebagai sarana untuk memenangkan persaingan menjadi kian penting. PT. Pelni (Persero) harus menghadapi fenomena yang yang lahir akibat dari perkembangan infonnasi. PT. Pelni harus bersaing dengan perusahaan jasa sejenis dengan memanfaatkan SIM sebagai keunggulan proses operasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, hal ini dikarenakan masih kurangnya Iiteratur yang membahas mengenai pelaksanaan SIM pada organisasi publik. Dengan rnetode deskriptif diharapkan ada gambarari mengenai pelaksanaan SIM untuk meningkatkan kualitas pelayanan di bagian pasasi PT. Pelni (persero) Cabang Surabaya. Selanjutnya dengan metode purposive sampling, maka diharapkan akan di dapat responden yang berkompeten dan memiliki infonnasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Selanjutnya dan data yang diperoleh dilakukan proses analisis data, yang menggunakan tiga alur, yaitu : proses reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulanlverifikasi. Proses analisis data ini dilakukan sejalan dengan proses pengumpulan data dan proses pemeriksaan keabsahan data Dan proses penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa secara nyata keunggulan yang ditawarkan oleh SIM adalah pada proses operasi. Dengan memanfaatkan SIM maka akan didapat kecepatan, ketepatan, dan otomatisasi. Dengan begitu nilai kompetitif organisasi akan semakin tinggi disamping keunggulan lain yaitu SIM mampu mengatasi kendala geografis dengan menyampaikan data dean infonnasi secara tepat dan akurat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis AN 32-05 Wid p
Uncontrolled Keywords: MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
SHANTY DEWI WIDYA ASMARA, 079715611UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 21 Nov 2016 21:29
Last Modified: 14 Jun 2017 20:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46510
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item