HUBUNGAN KARAKTERISTIK RESPONDEN DENGAN AKTIVITAS MANUAL MATERIAL HANDLING DAN UPAYA PENGENDALIANNYA (Studi Kasus Di Unit Produksi PT. Bakrie Autoparts - Bekasi)

NURRAYNI AZIZKA K.R., 101211132043 (2016) HUBUNGAN KARAKTERISTIK RESPONDEN DENGAN AKTIVITAS MANUAL MATERIAL HANDLING DAN UPAYA PENGENDALIANNYA (Studi Kasus Di Unit Produksi PT. Bakrie Autoparts - Bekasi). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 351-16 Nur h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Manual material handling adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh satu atau lebih pekerja dengan melakukan pengangkatan, penurunan, mendorong, menarik, mengangkut dan memindahkan barang. Jika dalam penanganan material secara manual tidak benar ini bisa berakibat timbulnya suatu PAK di antaranya yaitu LBP atau HNP. Hal ini disebabkan karena rendahnya pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki pekerja. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik responden dengan aktivitas manual maerial handling di unit produksi PT. Bakrie Autoparts – Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan rancang bangun cross sectional. Subjek ditarik dari populasi dengan teknik random sampling yaitu sebanyak 68 responden. Analisis data menggunakan uji korelasi spearmans untuk mengetahui kuat hubungan antar variabel serta metode analisis risiko Fault Tree Analysis untuk mengetahui penyebab dasar terjadinya HNP atau LBP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas manual material handling yang dimiliki oleh pekerja unit produksi tergolong baik yaitu sebesar 53,5%. Aktivitas manual material handling tergolong baik ditinjau dari segi usia, tingkat pendidikan, masa kerja dan lama kerja. Hasil uji korelasi spearmans menunjukkan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara umur, masa kerja dan lama kerja dengan aktivitas manual material handling. Namun terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pendidikan dengan aktivitas manual material handling (p=0.001). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan yang dimiliki pekerja, semakin baik pula aktivitas manual material handling yang dimiliki oleh pekerja. Oleh karena itu, perusahaan perlu berupaya untuk melakukan peningkatan pengetahuan pekerja melalui pelatihan khusus, melakukan evaluasi terhadap prosedur keselamatan dan kesehatan kerja di unit produksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 351-16 Nur h
Uncontrolled Keywords: manual material handling, fault tree analysi, karakteristik responden
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS155-194 Production management. Operations management
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NURRAYNI AZIZKA K.R., 101211132043UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNeffrety Nilamsari, Dr., S.Sos., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 22 Nov 2016 00:15
Last Modified: 22 Mar 2018 00:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46602
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item