MANFAAT HEDGING DALAM MENGURANGI RESIKO KERUGIAN SELISIH KURS DAN PENGARUHNYA TERHADAP LAPORAN KEUANGAN PADA PT. "X" DI SURABAYA

YUNI RAHMAWATI, 049135852 (2001) MANFAAT HEDGING DALAM MENGURANGI RESIKO KERUGIAN SELISIH KURS DAN PENGARUHNYA TERHADAP LAPORAN KEUANGAN PADA PT. "X" DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 42-02 RAH M.pdf

Download (713kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sejak pertengahan tahun 1997 di Indonesia relab reljOOi depresiasi OIpiah terhadap dollar yang diakibatkan oleh OOanya !aisie moneter, POOa perkembangan selanjutnya fluktuasi nilai tukar OIpiah semakin 8Utit diprediksikan, sehingga tingkat bunga linggi yang berdampak il1lruk terhadap biaya dana dan kemampuan peOlsahaan unluk melunasi hutang dalam valuta asing yang mlmingkat secara signifikan dalwn satuan rupiah, Peruballan nilai valuta asing tersebut hendaknya diantisipasi sebelumllya sehingga perusabaan dapat memanfanlkan peluang atau menghindari terjodiuya resiko yang tidak mengulung!.."lUl. Hedging ainu lindung nilai sebagai pemagaran resiko disamping dapat menulup exposure peOlsahaan yang pada intinya menghindarkan peOlsahaan dari value deslOlctioll transaksi utama juga dapat menimbulkan value creation dari usaba untuk llIeminimumkall cost ofdebt Hedging di indonesia dapat dilakukan dengan carn pembelian di muka valuta asing melalui kontrak (kontrak fOlWard) anlara perusahaan dengan bank devisa Teknik hedging dengan menggunakan fOIWard conlracl ini banyak digunakan oleh persahaall besar atau perusallaan llIultinasioual unluk meIindungi receivable dan payable-nya yang t'elstif besar lerhOOap resiko kurs, Penerapan kOlltrak fOlward tel'hOOap hulang usalJa dalam valula using akllll mellghasilkall laporan keuangan yang wajllf bila perlakuan akllntansillya !elah sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlakll umum. Obyek penelitian adalah PT. Philips Ralin Eleclrollics Surabaya yang bergel'uk dibidang industri lampu dimana sebagian balJan bakunYIl di impor dari luar lIegeri sebingga dalanl transaksinya menggullakan US dollar, Dengan IetjOOillya depresiasi rupiall rerhadap dollar mengakibmkan butang dagang dari transaksi impol' tersebul menillgkat tajam, HasH penelitian menunjukkan ballwil PT, Philips Ralin Eleclronics telab menerapkan fOlWard contract hedging atas transaksi pembelian maupun penjualan Vaiulll asing untuk mengbilldari atan mengurangi kerugian yang diakibatkan oleh fluktllasi nHai kw-s mata uang asing, !elapi belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip ak;untansi yang berlaku umum. Dalam Standar Akuntansi Keuangan mengharuskan pencataian selisih kurs yang diakui sebagai laba/rugi dari Iransaksi kontrak hedging dianlOrtisasi berdasolUl jllmlall hari yang berjulan (jangka wllktu kontrak), tetapi pemsahaan tidak memperhitungkannya sehillgga terdapm perbedaan pengakuan hilia sebesar Rp.47l, 11 O. 767, -lebih besar jika ianpa memperhatikan jumlah harinya Agar dapat dihasilkan laporan kellangsn yang wajar, maka perusalJaan hendakllya menerapkan fOlWard conlract sesuai dengan Standar Akunlansi Keuangan, Tidak kalall pentingnya OOalah pelaksanaan hedging harus disesuaikan dengan kondisi dan aiSiem organisooi yang ada karen.1. kebijakan melalrukan hedging ru:la1ah BustU kebijakan slralegis yang keputllBannya dapat mempertalmnkan kelangstlngan hidup peOlsahaan atuu balJkan membangkmtkanllya( Yurianto, 2000 : iv)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK.A. 42-02 Rah m (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: HEDGING; RESIKO KERUGIAN SELISIH KURS; LAPORAN KEUANGAN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
YUNI RAHMAWATI, 049135852UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHAMIDAH, Dra., Msi, AkUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 22 Nov 2016 16:45
Last Modified: 15 Jun 2017 17:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46645
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item