MAKNA KERJA PADA WANITA TUNA SUSILA YANG BERPROFESI GANDA DI SURABAYA

SHARON EKAWATI SOELISTIONO, 110810060 (2016) MAKNA KERJA PADA WANITA TUNA SUSILA YANG BERPROFESI GANDA DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PSI.91-16 Soe m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna kerja pada wanita tuna susila yang berprofesi ganda di Surabaya. Makna kerja disini dijelaskan dalam enam komponen yaitu kebenaran moral, kesempatan belajar dan berkembang, otonomi, Hubungan yang positif, tujuan sosial, dan pengakuan. Subjek penelitian adalah 2 orang wanita berprofesi ganda di Surabaya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah wanita yang berprofesi ganda. Alat pengumpul data yang digunakan peneliti berupa rekaman yang dilengkapi dengan pedoman wawancara pada subjek. Teknik analiss data wawancara yaitu dengan menggunakan koding dengan metode analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna kerja dapat bermacam-macam. Pertama, pada komponen kebenaran moral bisa dilihat bahwa pada pekerjaan sebagai WTS tidak sesuai dengan nilai-nilai pribadi yang mereka miliki. Kesempatan belajar dan berkembang disini dilihat berdasarkan keinginan untuk memperbaiki kehidupan kearah yang lebih baik. Otonomi adalah kreatifitas dalam menyelesaikan masalah yang dapat dilakukan dengan membagi waktu antara pekerjaan satu dengan lainnya. Hubungan yang positif ditandai dengan seringnya memiliki kontak dengan rekan sekerja dengan berbagi cerita mengenai pengalaman masing-masing. Tujuan sosial disini berarti berguna bagi masyarakat dan orang lain yang diwujudkan dalam menyisihkan sebagian uang yang didapatkan dari hasil bekerja untuk disumbangkan ke orang lain yang membutuhkan. Pengakuan disini diartikan sebagai pemenuhan kebutuhan yang diwujudkan dalam keinginan untuk dapat setara dengan masyarakat pada umumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI.91/16 Soe m
Uncontrolled Keywords: Makna Kerja, wanita, profesi ganda
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ101-440.7 Prostitution
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
SHARON EKAWATI SOELISTIONO, 110810060UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFendy Suhariadi, Prof. Dr., MT., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M.
Date Deposited: 22 Nov 2016 17:27
Last Modified: 22 Nov 2016 17:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46664
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item