Hubungan antara Dukungan Sosial Guru dengan Self Regulation Learning pada Siswa Kurikulum 2013

Puryanti, 111211133002 (2016) Hubungan antara Dukungan Sosial Guru dengan Self Regulation Learning pada Siswa Kurikulum 2013. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (583kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PSI.98-16 Pur h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara dukungan sosial guru dengan self regulation learning pada siswa Kurikulum 2013. Dukungan sosial yang dimaksud adalah dukungan sosial yang bersumber dari guru. Selanjutnya akan diteliti lebih lanjut apakah terdapat hubungan antara dukungan sosial guru dengan self regulation learning. Subjek penelitian ini adalah siswa tingkat SLTA di Indonesia yang sedang menjalani Kurikulum 2013. Pengambilan data dilakukan secara online dengan jumlah subjek 153 siswa. Alat pengumpul data berupa kuisioner skala dukungan sosial yang terdiri dari 25 item dengan reliabilitas sebesar 0,918 dan skala self regulation learning yang terdiri dari 50 item dengan reliabilitas sebesar sebesar 0,937. Analisis data dilakukan dengan teknik statistic Produc Moment dengan bantuan SPSS versi 16 for Window. Dari hasil analisis data didapatkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,564 dengan taraf siginifikasi atau nilai p sebesar 0,000 (p<0,001). Sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima, artinya ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial guru dengan self regulation learning pada siswa Kurikulum 2013. Semakin tinggi dukungan sosial yang diberikan oleh guru, maka semakin tinggi pula self regulation learning pada siswa Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI.98/16 Pur h
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial, guru, self regulation learning, siswa, kurikulum 2013
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM435-477 History of sociology. History of sociological theory > HM461-473 Schools of sociology. Schools of social thought
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Puryanti, 111211133002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRudi Cahyono, M.Psi., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 22 Nov 2016 18:12
Last Modified: 22 Nov 2016 18:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46677
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item