STUDI PENGARUH BERBAGAI KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH NAA DAN BA TERHADAP REGENERASI TANAMAN KUBIS(Brassica o/eracea L. vaL capitata L.) Hibrida Green Power In Vitro.

Mei Ratna Susanti, 080012236 (2004) STUDI PENGARUH BERBAGAI KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH NAA DAN BA TERHADAP REGENERASI TANAMAN KUBIS(Brassica o/eracea L. vaL capitata L.) Hibrida Green Power In Vitro. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
KK MPB 22-05 SUS S.pdf

Download (216kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan studi awal tentang transformasi gen pada tanaman kubis (Brassica oleracea L. var. capilala L.) hibrida Green Power dengan tujuan untuk mengembangkan metode yang efisien untuk regenerasi tanaman terse but dengan mengetahui pengaruh zat pengatur tumbuh NAA dan BA terhadap regenerasi eksplan nodus kotiledon dan hipokotil tanaman kubis (Brassica oleracea L. var. capi/ala L.) hibrida Green Power serta untuk mendapatkan perbandingan konsentrasi zat pengatur tumbuh NAA dan BA yang sesuai untuk memacu teIjadinya perbanyakan tunas hasil regenerasi eksplan nodus kotiledon dan hipokotil tanaman kubis (Brassica oleracea L. var. capilala L.) hibrida Green Power. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratoris dengan menggunakan metode rancangan acak lengkap faktorial. Media yang digunakan adalah media MS (Murashige dan Skoog) dengan berbagai kombinasi konsentrasi NAA dan BA. Pengamatan regenerasi eksplan nodus kotiledon dan hipokotil kubis meliputi : rata~rata jumlah tunas hasH regenerasi eksplan kubis tiap minggu, persentase eksplan (nodus kotiledon dan hipokotil) yang beregenerasi membentuk tunas dan akar, serta kalus yang terbentuk pada minggu ke-6 penanaman. Pengamatan dilakukan seminggu sekali selama 6 minggu. Data jumlah tunas hasil regenerasi eksplan nodus kotiledon dan hipokotil dianalisis dengan menggunakan ANOVA. HasH penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh zat pengatur tumbuh NAA dan BA terhadap regenerasi eksplan nodus kotiledon dan hipokotil. Namun penambahan zat pengatur tumbuh NAA dan BA dalam berbagai kombinasi konsentrasi tidak memberikan pengaruh terhadap jumlah tunas basil regenerasi eksplan hipokotil kubis. Kombinasi zat pengatur tumbuh yang tepat untuk memacu teIjadinya perbanyakan tunas pada eksplan nodus kotiledon kubis Brassica oleracea L. var. capi/ala L.) hibrida Green Power adalah kombinasi BA 4 mg/I dan NAA 3 mg!l dengan rata-ratajumlah tunas 2,84 tiap eksplan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KK MPB 22-05 Sus s
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Mei Ratna Susanti, 080012236UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorY. Sri Wulan Manuhara, Dra. . M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorEdy Setiti Wida Utami, Dra. , MSUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 22 Nov 2016 22:33
Last Modified: 22 Nov 2016 22:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46746
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item