AGUS SETIAWAN, 040630864 (2010) EVALUASI KINERJA PT. BANK BUMIPUTERA, Tbk. DENGAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-setiawanag-17194-abstrak-e.pdf Download (384kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-setiawanag-14393-a26310-e.pdf Restricted to Registered users only Download (764kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan dunia usaha yang makin kompetitif dan laju persaingan dalam dunia usaha mengakibatkan perlunya suatu alat manajemen strategik dalam mengukur kinerjanya. Sebab bila hanya mengandalkan pengukuran kinerja tradisional yang cenderung berdasarkan finansial dikhawatirkan perusahaan tidak dapat mengukur aktivitas kinerja non finansial seperti kepuasan pelanggan, kepuasan karyawan, dan hal lain yang tidak dapat diukur secara finansial. Dalam menjawab hal itu, pengukuran kinerja dengan konsep Balanced Scorecard merupakan salah satu jawabannya. Pengukuran kinerja tersebut meliputi sisi finansial dan non finansial. Selain itu alat ini dapat digunakan untuk menerjemahkan visi dan misi perusahaan kedalam sasaran strategik perusahaan. Dalam penelitian ini, penulis ingin mengevaluasi kinerja perusahaan pada sisi pengukuran finansial dan non finansial dari konsep Balanced Scorecard tersebut. Penjelasan tentang sisi pengukuran non finansial sangat diperlukan karena pengukuran kinerja non finansial selama ini kurang diperhatikan oleh perusahaan karena lebih banyak menggunakan ukuran finansial, tanpa mengetahui segala sesuatu yang dapat mempengaruhi keberhasilan ukuran finansial tersebut. Selain itu, pemilihan ini dikarenakan adanya keterbatasan data dan kebijakan perusahaan akan data yang berhubungan dengan finansial. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana ketika perusahaan mulai membesar dan pihak – pihak yang berkepentingan dengan perusahaan ikut bertambah, menimbulkan permasalahan dengan menggunakan pengukuran kinerja keuangan sebagai satu-satunya dalam perusahaan memiliki banyak kelemahan karena hanya menunjukkan pencapaian kinerja dan historisnya saja, maka diperlukan pengukuran yang lebih akurat. Untuk itu dikembangkanlah sistem Balanced Scorecard dalam pengukuran dan pengevaluasian kinerja dari sisi finansial maupun non finansial dengan menggunakan empat perspektif yaitu : keuangan, pelanggan, proses bisnis internal serta belajar dan bertumbuh. Dengan adanya Balanced Scorecard diharapkan kinerja perusahaan terus meningkat dan berhasil dalam menghadapi persaingan saat ini maupun masa depan. Dari analisis yang telah dilakukan, penggunaan ukuran kinerja non finansial dapat menjadi pelengkap dalam analisis kinerja perusahaan dan sebagai faktor pendorong keberhasilan bagi perusahaan seperti : keahlian pekerja, motivasi dan loyalitas pelanggan. Selain itu, ukuran kinerja non finansial juga dapat memberikan informasi kepada pihak manajemen perusahaan penyebab terjadinya peningkatan kinerja finansial dalam perusahaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK2 A 263 10 Set e | ||||||
Uncontrolled Keywords: | STRATEGIC PLANNING | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Sheli Erlangga Putri | ||||||
Date Deposited: | 28 Mar 2011 12:00 | ||||||
Last Modified: | 26 Oct 2016 22:38 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4678 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |