Ahmad Musyafiq, 111214253015 (2016) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 6 SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (807kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
TESIS.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dalam meningkatkan motivasi berprestasi dan hasil belajar fisika siswa SMA Negeri 6 Surabaya. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan motivasi berprestasi serta hasil belajar Fisika merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Pembelajaran ini lebih menekankan pada pembelajaran dengan keterampilan proses yaitu pembelajaran yang mengintegrasikan keterampilan proses sains ke dalam sistem penyajian materi secara terpadu, dan pusat proses pembelajaran diarahkan pada pengembangan keterampilan siswa dalam memproses pengetahuan, menemukan dan mengembangkan sendiri fakta, konsep, dan nilai-nilai yang diperlukan. Sedangkan motivasi berprestasi merupakan kondisi psikologis siswa dalam upaya mencapai prestasi yang lebih baik dan optimal. Penelitian kuantitatif eksperimental dengan subjek penelitian sebayak 39 siswa dari siswa kelas X MIA di SMA Negeri 6 Surabaya. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner dalam bentuk skala likert. Kuisioner motivasi berprestasi disusun penulis berdasarkan teori McClelland (1987) dengan aitem valid sebanyak 40 aitem dan tes hasil belajar (pre-test dan post-test) untuk ketuntasan individual dan klasikal, serta ketercapaian kompetensi dasar. Variabel dalam penelitian ini adalah motivasi berprestasi (Y1) dan hasil belajar (Y2) pembelajaran dengan pendekatan saintifik (X). Analisis dilakukan dengan teknik analisis data uji T tes dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) Release 21.0 .Hasil uji peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi SPSS 21.0 terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai siswa sebelum pembelajaran menggunakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan nilai siswa setelah menggunakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Dan pembelajaran dengan pendekatan saintifik lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar gerak melingkar , berdasarkan nilai Sig > (α) yaitu 0.596 > 0.05. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik lebih efektif dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa pada kompetensi dasar gerak melingkar, hal tersebut berdasarkan nilai Sig < level of significant (α) yaitu 0.000 < 0.05. Jadi Terdapat perbedaaan motivasi berprestasi siswa pada kelas tersebut
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Tpsi 26/16 Mus e | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Saintifik, Motivasi Berprestasi , dan Hasil Belajar | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 23 Nov 2016 00:56 | ||||||
Last Modified: | 19 Jun 2017 18:05 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46796 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |