PENGGUNAAN ANALISIS RASIO KEUANGAN DAN ANALISIS Z-SCORE DALAM MENILAI KlNERJA KEUANGAN PERUSAHAAN ROKOK YANG GO PUBLIC DI PT. BURSA EFEK SURABAYA

DIAN KRISTIYANI, 040016756 (2004) PENGGUNAAN ANALISIS RASIO KEUANGAN DAN ANALISIS Z-SCORE DALAM MENILAI KlNERJA KEUANGAN PERUSAHAAN ROKOK YANG GO PUBLIC DI PT. BURSA EFEK SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 34-05 Kri P.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Daya saing perusahaan sangat ditentukan oleh kinerja perusahan itu sendiri. Salah satu aspek kinerja yang penting yaitu aspek keuangan. Untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan dapat dilihat melalui laporan keuangannya. Namun hal tersebut belum cukup untuk menilai kinerja keuangan perusahaan. Untuk itu diperlukan analisis laporan keuangan agar diperoleh gambaran kemajuan yang telah dicapai pihak manajemen perusahaan. Di samping itu, analisis laporan keuangan dapat digunakan oleh pengambilan keputusan dan juga para pemakai laporan keuangan secara keseluruhan. Analisis laporan keuangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis rasio keuangan yang terdiri dari liquidity ratio, efficiency ratio, leverage ratio, dan profitability ratio. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan analisis diskriminan yaitu Z-Score. Dengan menggunakan lebih dan satu alat analisis, diharapkan kinerja keuangan perusahaan dapat diketahui secara lebih akurat. Penelitian ini dilakukan pada 3 perusahaan rokok yang go public di PT. Bursa Efek Surabaya, yaitu PI. BAT Indonesia Tbk., PT. Gudang Garam Tbk., PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PI. BAT Indonesia memiliki kinerja keuangan yang kurang baik dan termasuk perusahaan yang tidak sehat. Sedangkan PT. Gudang Garam Tbk. memiliki kinerja keuangan yang baik dan termasuk perusahaan yang sehat. Sementara itu, PT. Hanjaya Mandala Sampoerna memiliki kinerja keuangan yang cukup baik walaupun termasuk perusahaan yang rawan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa diantara tiga perusahaan rokok yang go public di PT. Bursa Efek Surabaya, PT. Gudang Garam adalah perusahaan yang memiliki kinerja keuangan paling baik dan termasuk perusahaan yang sehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A 34-05 Kri P
Uncontrolled Keywords: Analisis laporan keuangan, analisis rasio keuangan, analisis Z-Score, kinerja keuangan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
DIAN KRISTIYANI, 040016756UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHENDARJATNO, Drs. Msi., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 23 Nov 2016 16:32
Last Modified: 23 Nov 2016 16:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46824
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item