ADHIF YULIANA, 040123733E
(2004)
ANALISIS BIAYA VOLUME LABA DENGAN
PENDEKATAN ABC SEBAGAI ALAT BANTU
MERENCANAKAN LABA PADA PT. X GRESIK.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Perekonomian dunia yang semakin global menyebabkan persaingan antar perusahaan terjadi makin ketat. Para manager perusahaan dituntut semakin responsif dan fleksibel terhadap hal-hal yang terjadi di dunia usaha dengan melakukan perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan secara cepat dan tepat agar unggul dalam persaingan. Untuk tujuan tersebut dibutuhkan adanya informasi yang relevan dan akurat.
Analisis biaya volume laba merupakan alat bantu bagi manajemen yang akan memberikan informasi mengenai hubungan antara harga, biaya, pendapatan, laba, komposisi dan volume penjualan yang diperlukan bagi aktivitas perencanaan laba. Dengan menggunakan pendekatan ABC dimaksudkan agar penelusuran dan pengalokasian biaya tidak hanya bersifat volume-related saja melainkan juga yang bersifat non volume-related.
PI X merencanakan memperoleh peningkatan laba sebesar 20%. Usaha PI.x untuk mencapai target laba dapat ditempuh dengan berbagai alternatif, diantaranya melakukan penurunan biaya sebesar Rp. 3.996.066.132,80 atau dengan meningkatkan harga jual produk, dalam hal ini plasticizer sebesar 1,73%. Selain itu agar laba yang diperoleh bisa optimal, dilakukan analisis terbadap komposisi penjualan. Untuk rnemperoleh komposisi penjualan yang tepat perusahaan dapat menggunakan perhitungan margin of safety, contribution margin, product margin dan DOL, sehingga perusahaan akan mampu mencapai target laba atau bahkan melampauinya.
Actions (login required)
|
View Item |