PENERAPAN SISTEM INFORMASI PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA DIVISI PENJUALAN DAN SIRKULASI PERUSAHAAN PENERBITAN MEDIA MASSA

DODDY NAFIUDIN, 049515125 (2000) PENERAPAN SISTEM INFORMASI PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA DIVISI PENJUALAN DAN SIRKULASI PERUSAHAAN PENERBITAN MEDIA MASSA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 37-01 Naf p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada sebuah perusahaan yang menjual sendiri produknya, bagian penjualan merupakan merupakan ujung tombak yang sangat diandalkan oleh perusahaan untuk menjual produk-produk yang dihasilkan. Begitu pula dengan perusahaan penerbitan media massa yang menjadi obyek penelitian dalam skripsi ini, perusahaan tersebut sangat bergantung pada bagian sirkulasi dan penjualan untuk menjual dan mendistribusikan produk-produknya yang berupa majalah dan tabloid. Majalah yang diterbitkan bermacam-macam dengan waktu penerbitan yang tidak sama, dan sudah menjadi hal yang umum pada dunia penerbitan media massa bahwa perusahaan menempuh kebijakan penjualan konsinyasi kepada para pelanggannya yaitu agen majalah, yang jumlahnya sangat banyak. Sehingga dalam menjalankan usaha sehari-harinya manajer harus membuat keputusan-keputusan yang menyangkut banyak hal, baik itu yang berhubungan dengan sirkulasi dan penjualan majalah maupun berkaitan dengan masalah intern perusahaan, dimana hal tersebut membutuhkan keputusan-keputusan yang cepat dan tepat dari seorang manajer yang memimpin bagian tersebut. Dari evaluasi triwulanan yang dilakukan oleh perusahaan, diketahui bahwa perusahaan banyak menderita kerugian yang berasal dan bagian sirkulasi dan penjualan, hal ini diakibatkan oleh rendahnya kualitas dan presisi keputusan yang diambil oleh manajer dalam merespon setiap kejadian yang berhubungan dengan sirkulasi dan penjualan majalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A 37-01 Naf p
Uncontrolled Keywords: SISTEM INFORMASI, PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
DODDY NAFIUDIN, 049515125UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHariati Hamzens, Dra. Hj., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 23 Nov 2016 19:24
Last Modified: 23 Nov 2016 19:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46877
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item