ANALISIS PERANAN BIBIT UNGGUL DAN PUPUK (KCL, UREA, DAN SP-36) TERHADAP PRODUKSI PADI DI KECAMATAN GAMBIRAN KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN 2000

ARIF BIJAK SETYAWAN, NIM. : 049615449 (2002) ANALISIS PERANAN BIBIT UNGGUL DAN PUPUK (KCL, UREA, DAN SP-36) TERHADAP PRODUKSI PADI DI KECAMATAN GAMBIRAN KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN 2000. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK C 67-02 SET A.pdf

Download (252kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pembangunan pertanian adalah seluruh upaya untuk memanfaatkan kekayaan sumber daya alam seeara 1estari, sumber daya manusia, modal serta ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan produksi pertanian. Pembangunan an tanaman pangan terus ditingkatkan untuk meme1ihara kemantapan swasembada beras, meningkatkan pendapatan petani, memperluas kesempatan kerja dan kesempatan usaha serta meningka tkan hasil dan mutu produksi. Usaha untuk memelihara kemantapan swasembada beras, maka persediaan beras dapat mencukupi kebutuhan beras dalam negeri. Persediaan beras dalam negeri tidak hanya mengandalkan pasar internasional karena situasi produksi beras yang fluktuasi. Di bertujuan untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri melalui peningkatan produksi, swasembada beras juga bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani melalui usaha intensifikasi. Da1am upaya mengembangkan produksi padi para petani dihadapkan pada kendala yaitu masalah modal. Modal yang diperlukan guna untuk melengkapi sarana input produksi padi di rasa cukup tinggi oleh petani, khususnya petani kecil. O1eh karena itu diperlukan tambahan modal berupa kredit dengan bunga yang rendah. Untuk membantu mengatasi masa1ah tersebut maka pemerintah berusaha mengatasinya dengan program Kredit Usaha Tani. Dari penelitian ini diketahui bahwa variabel bebas dari komponen Kredit Usaha Tani yaitu bibit unggul, pupuk urea, pupuk KCL, dan pupuk SP-36, secara simultan maupun parsial berpengaruh positif produksi di Kecamatan Gambiran. Hal ini berarti bahwa program Kredit Usaha Tani sanqat membantu dalam peningkatan produksi padi, yang pada akhirnya dapat meninqkatkan pendapatan petani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK C 67/ 02 Set a
Subjects: S Agriculture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
ARIF BIJAK SETYAWAN, NIM. : 049615449UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantHj. PANDE MADE SRIASIH, Dra. Ec.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 23 Nov 2016 21:21
Last Modified: 18 Jun 2017 17:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46918
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item