REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM SINETRON (CRITICAL DISCOURSE ANALYSIS TENTANG REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM SINETRON TIGA ORANG PEREMPUAN DENGAN PERSPEKTIF GENDER)

DINA PRASETYAWATIE, 070016255 (2005) REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM SINETRON (CRITICAL DISCOURSE ANALYSIS TENTANG REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM SINETRON TIGA ORANG PEREMPUAN DENGAN PERSPEKTIF GENDER). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
K 33-05 Pra r.pdf

Download (239kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Televisi bukanlah saluran yang bebas melainkan dapat mengkonstruksi realitas, lengkap dengan pandangan, bias, dan pemihakannya. Gender menjadi sebuah ideologi yang terus dikonstruksikan dalam sistem kekuasaan yang Patriarkhis dengan memanfaatkan televisi. Televisi sangat potensial dalam menyebarkan dan melestarikan ideologi patriarkhi melalui program acaranya termasuk sinetron. Sinetron Tiga Orang Perempuan produksi MultivisionPlus, hadir di tengah-tengah sinetron yang selalu menampilkan kemewahan, sebagai suatu sinetron yang lebih natural dan realistis dengan nuansa feminisme yang kental. Namun, sinetron bemuansa feminis sering terjebak dalam merepresentasikan perempuan dengan stereotip tertentu, hingga semakin mengkonstruksi subordinasi perempuan secara lebih alamiah. Oleh karena itu, dirumuskan masalah penelitian, bagaimana wacana perempuan direpresentasikan dalam sinetron tiga Orang Perempuan?, serta apa dan bagaimana representasi bias gender ditampilkan dalam sinetron tersebut? Manfaat penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan ten tang penggunaan bahasa dan simbol dalam komunikasi massa yang berkaitan dengan perspektif gender, sekaligus memberikan suatu penyadaran sosial tentang peran dan posisi perempuan di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: K 33-05 Pra r.
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q223-227 Communication in Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
DINA PRASETYAWATIE, 070016255UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatih Puspa, MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 23 Nov 2016 21:58
Last Modified: 18 Jun 2017 17:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46934
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item