ANALISIS PENGARUH PERILAKU WAJlB PAJAK TERHADAP TINGKAT KEBERHASILAN PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI KABUPATEN BOJONEGORO

SETIAWAN DONNY APRIYANTO, 040023530 E (2004) ANALISIS PENGARUH PERILAKU WAJlB PAJAK TERHADAP TINGKAT KEBERHASILAN PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI KABUPATEN BOJONEGORO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 235-04 Apr a.pdf

Download (387kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pajak Bumi dan Bangunan meskipun memiliki nilai rupiah kecil dibandingkan dengan pajak pusat yang lainnya tetapi memiliki dampak yang luas, sebab basil penerimaan PBB dikembalikan untuk pembangunan daerah yang bersangkutan. Pajak Bumi dan Bangunan mempunyai jumJah Wajib Pajak terbesar dibandingkan dengan pajak-pajak yang lain. Disamping itu PBB merupakan satu-satunya pajak properti di Indonesia dan mengalami kenaikan dari tabun ke tahun. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai realisasi Pajak Bumi dan Bangunan di Kabupaten Bojonegoro. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat kesadaran WP~ tingkat pemaharnan WP dan kemampuan WP baik secara simultan maupun parsial terbadap keberhasilan penerimaan PBB di Kabupaten Bojonegoro. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Populasi pada penelitian adalah seluruh WP bumi dan bangunan untuk wilayah Kabupaten Bojonegoro yang betjumlah 272.842 Wajib Pajak perumahan. Sampel yang dipergunakan adalah 100 orang WP Bumi dan Bangunan untuk perumahan Kahupaten Bojonegoro. Alat uji yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan tiga variabel bebas. . Setelah dilakukan pengujian atas hipotesis yang diajukan, maka didapat bahwa nilai R2. Nilai R2 sebesar 0,560 yang berarti 56% perubahan realis.asi penerimaan PBB di Kabupaten Bojonegoro dapat dijelaskan oleh kesadaran WP, tingkat pemahaman WP dan kemampuan WP.Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat kesadaran WP, tingkat pemahaman WP dan kemampuan WP baik secara simultan maupun parsial berpengaruh terbadap keberhasilan penerimaan pajak bumi dan ban~setelah dilakukan pengujian teruji kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 235 - 04 Apr a ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Wajib Pajak dan Pajak Bumi dan Bangunan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
SETIAWAN DONNY APRIYANTO, 040023530 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHeru Tjaraka, Drs. H., MSi., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 24 Nov 2016 19:06
Last Modified: 24 Nov 2016 19:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47003
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item